Type something and hit enter

author photo
By On

Pakpandir.com- Cakwe salah satu jajanan murah kesukaan pakpandir sebenarnya hanyalah roti goreng. Namun,cakwe lebih dari sekedar roti gorengan biasa karena memberi rasa yang begitu enak,empuk dan renyah sekaligus halal. Jajanan sederhana ini sering pakpandir jumpai di jual di pinggira jalan pada waktu sore.Karna rasanya yang enak dan murah,membuat makanan ini cukup di gemari banyak orang.Bahkan sering pakpandir melihat pembeli roti cakwe banyak yang ngantri menunggu pesanan.Membuat roti cakwe memang memerlukan tambahan waktu,proses pembuatanya agak lama dan perlu tenaga jari-jemari.Hal itu tidak masalah karena akan di bayar dengan rasanya yang enak.Cakwe di buat dari bahan-bahan sederhana namun menghasilkan rasa yang enak dan empuk.

 

Cara Membuat Cakwe Resepi Cakue Resepi Janjanan Resep Enak

Makanan enak dan empuk ini juga di kenali sebagai "ya,yu thiou".Banyak model variasi dari cakwe ini,namun kalian disini akan membuat cakwe yang sederhana saja tetapi akan tetap memiliki rasa yang enak dan empuk. Membuat roti cakwe bahan-bahan yang di perlukan tidak la begitu susah.Kalian bisa cari bahan-bahanya di kios sembakau terdekat,Selain bahan-bahanya mudah di cari dan murah kita juga bisa membuatnya di dapur sendiri karena tidak memerlukan peralatan yang cangih.

Bahan Membuat Roti Goreng Cakwe Yang Enak Dan Empuk

  1. Bahan utama yang digunakan adalah 250 gram tepung terigu kualitas baik.
  2. Baking soda kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil atau setengah sendok teh.
  3. Garam dapur beryodium halus sebanyak kurang lebih 3/4 sendok teh atau sendok kecil.
  4. Baking Powder yang dibutuhkan kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  5. Air bersih untuk adonan secukupnya atau kurang lebih sekitar 200 ml.
  6. Saus tomat kurang lebih dua sendok besar atau dua sendok makan (bahan saus).
  7. Bawang putih lokal ukurang sedang besar sebanyak 1 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk campuran saus Resep Cakwe.
  8. Gula pasir kurang lebih satu sendok teh (bahan saus).
  9. Setengah sendok makan tepung maizena (bahan saus).
  10. Garam dapur beryodium setengah sendok teh (bahan saus).
  11. Setengah sendok makan sambal instan atau sambal botol (bahan saus).
  12. Air bersih matang kurang lebih 175 ml (bahan saus).
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kue cakwe nya nanti.

Cara Membuat Roti Goreng Cakwe

  1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan 3/4 sendok teh garam dapur beryodium, baking soda dan 1/2 sendok baking powder. Aduk dan campur semua bagian sampai tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigunya dan campur sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  3. Masukkan air bersih kurang lebih 200 ml. Campur dan aduk semua bahan sampai rata dan kalis. Diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit.
  4. Aduk dan uleni lagi adonan dari pinggir ke tengah sampai tercampur rata. Dimamkan lagi selama 20 menitan.
  5. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan kue cakwenya elastis dan bisa dibentuk.
  6. Balik adonan yang sudah elastis dan beri sedikit minyak di atas permukaannya. hal ini dilakukan supaya adonan kue nya tetap lembab. Diamkan lagi selama kurang lebih 50 menit sampai 1 jam.
  7. Masukkan adonan diatas ke dalam plastik yang bersih. Diamkan di dalam plastik kurang lebih selama 3 jam sampai 4 jam.
  8. Keluarkan adonan dan giling/tekan dengan kayu atau botol. Tekan adonan sampai agak tipis dengan ukuran tebal kurang lebih sekitar 0.5-1 cm, lebar 2-3 cm dan panjangnya sekitar 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi sedikit tepung supaya adonan tidak lengket.
  9. Rekatkan dan tempel 2 potongan adonan dengan air. Tekan bagian tengah sambungannya dengan sumpit dari atas ke bawah. hati hati saat menekan dan jangan sampai putus.
  10. Siapkan penggoengan dengan minyak cukup banyak dan api sedang kecil. Tunggu minyak sampai benar benar panas dan kemudian masukkan beberapa potong adonan di atas. Jangan lupa sebelum dimasukkan k dalam minyak tarik adonan sampai memanjang.
  11. Goreng sambil dibolak balik sampai kuning kecoklatan.
  12. Untuk membuat sausnya tinggal mencampur gula pasir, garam, saus sambal, saus tomat, bawang yang sudah dihaluskan dan air matangnya.
  13. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rebus sampai mendidih.
  14. Angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sediki sambil tetap diaduk.

Membuat roti goreng cakwe memang tergolong rumit dan memerlukan banyak waktu. Bagi yang tidak ada waktu mungkin lebih suka membeli yang sudah siap santap di pingiran jalan. Dan barangkali jika anda berminat anda juga bisa ikut berjualan cakwe untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Apalagi jika kalian dalam status penganguran atau hanya kebetulan lagi tidak ada kerjaan,mungkin berjualan roti goreng cakwe bisa bisa di jadikan pekerjaan. Kalian bisa berjualan cakwe di pinggir jalan sambil cuci mata gratis di pingir jalan.Demikian artikel kali ini tentang"Cara Membuat Roti Goreng Cakwe" Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.Selamat Makan Cakwe Bersama keluarga tercinta....

Click to comment