Type something and hit enter

author photo
By On

Cara Membuat Tempe- Tempe adalah salah satu makanan yang dibuat dari kacang kedelai dengan proses difermentasikan. Fermentasi tempe menggunakan kapang rhizopus ragi tempe.

 

Cara Membuat Tempe Sendiri

Tempe kaya dengan serat, vitamin B ,kalsium dan zat besi. Makanan ini banyak dikonsumsi di Indonesia dan juga di malaysia,Namun sekarang popularitas tempe sudah mulai di kenal dan mendunia. kabarnya kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menemukan tempe sebagai makanan pengganti daging. Oleh sebab itu,sekarang tempe telah diproduksi di banyak tempat di dunia.

 

Pada artikel cara membuat tempe ini, Pakpandir.com akan berbagi tips tentang alat dan bahan yang kalian perlukan serta langkah-langkah dan cara membuat tempe yang benar. Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa membuat tempe agar berhasil ini harus terjaga kebersihanya dan di ukur bahan-bahanya sesuai dengan kebutuhan.


[BACA JUGA:Cara Menghilangkan Rasa Pedas]

Cara Membuat Tempe Sendiri

Sebelumnya siapkan alat-alat yang di perlukan untuk membuat tempe ini.

  • Baskom
  • Saringan
  • Dandang
  • Kipas angin
  • Sotel kayu
  • Tampah
  • Kompor
  • Kacang Kedelai
  • Ragi tempe
  • Daun pisang/kantong plastik

Langkah Pembuatan Tempe

  1. Cuci bersih semua peralatan terlebih dahulu. Keringkan.
  2. Cuci bersih kacang kedelai.
  3. Rendamlah kacang kedelai kurang lebih selama 13-18 jam.
  4. Jika sudah lunak, kelupas kulitnya.
  5. Bilas menggunakan air.
  6. Rebus kembali biji kedelai yang sudah dibilas air tadi.
  7. Tiriskan pada tampah. Kipasi menggunakan kipas angin hingga tidak terlalu panas.
  8. Masukkan ragi tempe ke biji kedelai secara merata, aduk rata.
  9. Masukkan biji kedelai yang sudah diberi ragi pada daun pisang atau kantong plastik. Untuk tebal tipisnya sesuai dengan selera anda.
  10. Untuk mendapatkan tempe yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk proses fermentasi adalah 2 hari dengan suhu kamar. Usahakan kacang kedelai anda sudah tertutupi jamurnya.

Dengan bahan-bahan yang mudah di cari di pasar dan tidak perlu mengunakan peralatan mahal kalian bisa nembuat tempe sendiri yang tentunya terjaga kebersihanya.


[BACA JUGA:Resep Pisang Goreng Pasir Tabur Keju Enak]

Demikian artikel tentang Cara Membuat tempe. pakpandir harap tempe yang kalian buat tidak kalah dengan tempe yang beredar di pasaran dunia. Silakan bagikan artikel Cara Membuat tempe ini ke teman-teman di media sosial agar makanan enak murah bergizi ini semakin di kenal dunia.

Click to comment