Type something and hit enter

author photo
By On

Tidak Ada seorangpun yang bebas dari masalah, setiap manusia pasti mempunyai masalah apalahi jika sudah berkeluarga, tentu lebih banyak masalah.

 

Tips Cara Curhat Yang Baik Dan Benar Cara Meringankan Beban Pikiran Hidup Aman Tentram Bahagia Dunia Akhirat

Kali ini artikel dari pakpandir.com mengenai "Tips Aman Curhat Agar Beban Masalah Dalam Pikiran Menjadi Plong" Yang di sebut Masalah itu bisa menghinggapi siapa saja. Seorang pemuda lajang saja memiliki banyak masalah, apalagi yang sudah berumah tangga dan memiliki anak, tentu akan bertambah banyak lagi permasalahannya.


[ BACA JUGA : Cara Embed Video Youtube Untuk Facebook Instant Article ]

Setiap orang punya masalah dalam hidupnya masalah mungkin berbeda-beda atau mungkin ada yang memiliki masalah yang hampir sama. Namun, yang membedakan antara seseorang dengan orang lainnya adalah bagaimana mereka bersikap dan keluar dari masalah tersebut.



Dalam hal masalah keluarga misalnya, ketika bertemu masalah terkadang kita tidak tahu bagaimana harus bersikap dan menyelesaikannya. Perlunya persiapan mental dan konsepsional seharusnya penting agar ketika di timpa masalah dalam sebuah keluarga tidak terlalu Budrek.


[ BACA JUGA : Cara Mendapat Uang Online Dari Internet Lewat Facebook Instant Article ]

Dalam keadaan situasi menghadapi masalah , sering diantara kita terpikir untuk melakukan curhat(mencurahkan hati) dalam rangka untuk mencari jalan penyelesaian atau sekedar hanya untuk meringankan beban perasaan biar sedikit lebih plong. Namun, kadang keinginan curhat ini justru malah bisa menimbulkan permasalahan baru. Untuk itu, tahan keinginan anda untuk curhat apalagi curhat tentang masalah keluarga.

Tips Aman dan Benar Curhat Yang Harus Di Ketahui

Nah, biar curhat memberikan hasil seperti yang di inginkan, yaitu penyelesaian permasalahan, maka harus di lakukan secara tepat dan benar. Jangan sembarangan melakukan curhat karena bisa menimbulkkan persoalan baru yang bermacam ragam. Berikut Tips Aman dan Benar Curhat Yang Harus Di Ketahui.

Jangan Curhat Di Media Sosial

Media sosial facebook bukan tempat curhat namun sering di gunakan penguna untuk curhat. Fesbuk itu kan media publik yang bisa diakses oleh siapa saja masyarakat di seluruh dunia?!. Saat menulis status curhat di fesbuk, hendaknya kita sadar bahwa tulisan itu sama seperti di koran atau media massa pada umumnya. Sifatnya terbuka, bukan tertutup.



Namun, jika dengan curhat di facebook bisa membuat masalah anda sedikit plong, sebaiknya harus di lakukan dengan benar.

 

Contoh Curhat Status Facebook Yang Salah

“Suamiku memang brengsek. Dulu pernah berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahannya, ternyata ia selingkuh lagi. Dasar laki-laki mata keranjang...”

 

Contoh Benar Curhat Status Facebook Berupa Nasihat

Hendaknya para suami selalu menjaga kesetiaan terhadap istri. Jangan pernah mengkhianati kesetiaan istri dengan selingkuh, karena itu akan bisa menghancurkan bahtera rumah tangga”.

Jangan Curhat Sembarangan Di Jalanan

Jangan “curhat jalanan”, hal ini tidak menyelesaikan masalah malah bisa berpotensi menimbulkan masalah baru. Curhat jalanan yang di maksudkan adalah curhat kepada sembarangan orang yang ditemui, baik yang di kenal atau yang baru dikenali. Mereka itu belum tentu memiliki kompetensi untuk menyelesaikan masalah keluarga anda, dan seperti yang di katakan tadi, dikuwatirkan justru bisa berkembang menjadi masalah baru.


[ BACA JUGA : Fakta Adanya Penghuni Bumi Sebelum Adam ]

Jangan Curhat Sama Mantan

Mantan yang di maksudkan di sini adalah mantan kekasih. sebaiknya hindari curhat dengan mantan, karena Hal ini bisa berpotensi menimbulkan benih-benih kedekatan perasaan yang bisa berkembang menjadi hubungan lebih khusus. Jika curhat dilakukan dengan rutin, akan membuat intensitas hubungan menjadi semakin kuat. Dari hanya curhat mengobrol ringan, bisa jadi nantinya berkembang menjadi kenyamanan dan kedekatan perasaan. Apabila hal seperti ini dibiarkan berlarut-larut, sangat potensial memunculkan ikatan hati yang rumit dan menjadi masalah baru terutamanya bagi yang sudah berumah tangga.



Jangan Curhat Dengan Orang Tua Atau Dengan Mertua

Jangan curhat kepada orang tua atau mertua, terutama ketika mereka sudah berusia lanjut. Berikan kesempatan kepada orang tua dan mertua untuk menikmati masa tua mereka dalam ketenangan dan kedamaian. Mereka sudah banyak mengurus kita sejak dalam kandungan sampai dewasa dan saatnya menikah. Mereka sudah banyak berkorban mengurus anak dengan segala kerepotan dan kesulitannya. Maka jangan lagi dibebani dengan masalah-masalah kehidupan keluarga anak-anaknya saat mereka sudah berumah tangga.

 

Dengan tidak terburu-buru curhat kepada orang tua, bearti menandakan sikap kedewasaan pasangan suami dan istri tersebut. Semestinya orang tua dan mertua tinggal menyaksikan kebahagiaan saja dari anak-anak dan menantunya. Bukan menjadi limpahan segala bentuk permasalahan yang muncul dalam kehidupan berumah tangga anak-anaknya.


[ BACA JUGA : Widget Al-Quran Online Di Blog Dapat Copy Paste ]

Lalu Kepada Siapa Kita Harus Curhat..?

Curhat secara terbuka kepada pasangan adalah lebih baik. Pada prinsipnya, permasalahan keluarga harus diselesaikan berdua antara suami dan istri. Suami dan istri harus membiasakan curhat kepada pasangan. Para suami hendaknya menjadi tempat curhat yang paling baik bagi istrinya, dan demikian juga para istri hendaknya menjadi tempat curhat yang paling baik bagi suaminya. Namun, terkadang persoalan dalam berumah tangga bisa saja mengalami masalah yang sangat rumit, entah dari segi persilisihan atau perbedaan pendapat, terkadang permasalahan itu berlarut bahkan sulit mencari jalan keluar. Pada saat itu mungkin beban pikiran yang di tanggung menjadi berat dan memerlukan tempat curhat lainya. Lalu di manakah lagi..?

 

Selanjutnya, adalah curhat kepada pihak yang memiliki kompetensi untuk menyelesaikan masalah keluarga anda. Hal ini dilakukan jika permasalahan tidak bisa lagi diselesaikan berdua dengan pasangan, sehingga kita terpaksa memerlukan intervensi pihak lain. Contoh pihak yang memiliki kompetensi ini misalnya konselor atau seorang ustadz dan ustadzah, psikolog, psikiater yang terpercaya.


[ BACA JUGA : Cara Membuat Sitemap Daftar Isi Blog]

Apakah Setelah Curhat Semua Masalah Selesai..?

Setidaknya setelah curhat meluahkan beban pikiran akan membuat sedikit suasana hati dan pikiran menjadi lebih Plong. Untuk menyelesaikan masalah hendaknya, pada sepertiga malam yang terakhir, bangun untuk melakukan shalat malam dan munajat memohon pertolongan kepada-Nya. Mintalah kekuatan, kemudahan dan keberkahan dari Allah dalam menyelesaikan masalah keluarga. Mintalah petunjuk dan bimbingan kepada Allah dalam menghadapi setiap persoalan kehidupan.

 

Kemudian, duduk berdua bersama pasangan dan selesaikan sendiri masalah keluarga kalian, Cari solusi dan jaga nama baik pasangan anda. Mendekat kepada Allah agar mendapat kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan berkeluarga. terima kasih karena membaca artikel kami yang berjudul Tips Curhat Yang Benar. Jangan lupa kunjungi kembali blog pakpandir.com untuk membaca artikel menarik update terbaru lainya

Click to comment