15 Mitos ini masih di percayai masyarakat

Mitos adalah takhayul inilah 15 Mitos yang masih di percayai masyarakat.
Mitos adalah takhayul inilah 15 Mitos yang masih di percayai masyarakat.

Pandir.com – Mitos atau kepercayaan yang ada di masyarakat | Mitos adalah takhayul bagi orang yang tidak mempercayainya, tetapi kita tidak boleh begitu saja menafikannya. Bisa juga dijadikan bahan agar kita senantiasa berhati-hati.Ada sejumlah kebiasaan atau mitos yang menjadi budaya di kehidupan masyarakat kita.

Kebiasaan yang dipelihara secara turun temurun dari mulut ke mulut. Dan tidak bisa dipungkiri walaupun kita hidup dalam tekhnologi yang canggih dan modern namun kebiasaan atau mitos seakan sudah mengakar dan susah untuk dihilangkan begitu saja.

Bacaan Lainnya

Kebanyakan mitos yang berkembang selalunya dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis dan bahkan terkadang tidak masuk diakal. Mitos juga biasanya dihubungkan dengan sesuatu kejadian buruk apabila kita melanggar nya.Berikut beberapa kebiasaan ataupun mitos yang sampai sekarang masih sering kita dengar..

  1. 1.Dilarang foto bertigaBila seseorang yang akan berfoto dilarang bertiga karena dikhawatirkan salah seorang diantara nya akan meninggal.

  2. Dilarang makan di piring kecilKarena di takutkan rejeki yang akan diterima sedikit sebab itu di anjurkan untuk makan memakai piring yang besar.

  3. Wanita hamil harus membawa gunting Diharuskan wanita-wanita yang lagi mengandung apabila mau keluar rumah selalu membawa gunting agar bayinya tidak diganggu makhluk halus.

  4. Anak gadis gak boleh duduk didepan pintu Anak gadis dilarang duduk didepan pintu karena dikahwatirkan akan menghalangi jodohnya. Gak sepenuhnya salah juga karena akan menghalangi keluar masuk nya orang.

  5. Burung gagak Suara burung gagak diatas rumah selalu dikaitkan dengan keadaan kesehatan orang dirumah tersebut bahkan ada juga yang mengatakan akan ada kabar meninggal dunia.

  6. Kokok ayam Diyakini jika mendengar suara kokok ayam jantan dimalam hari maka warga akan mendapat kabar bahwa ada saat seorang anak gadis didaerah tersebut yang hamil diluar nikah.

  7. Membuka payung di rumahDilarang membuka payung didalam rumah karena akan mengakibatkan kebakaran rumah.

  8. Nyapu tidak bersih Apabila seorang anak gadis menyapu tidak bersih maka akan mendapatkan jodoh yang brewokan.

  9. Nabrak kucing Apabila seseorang yang menabrak kucing tidak mengubur kan nya maka orang tersebut akan mendapatkan sial karena diyakini bahwa kucing adalah hewan kesayangan nabi.

  10. Memotong kuku Dilarang memotong kuku malam hari dan potongan kuku harus ditanam dikhawatirkan jika memotong malam hari akan datang makhluk halus dan kuku yang tidak ditanam akan berubah menjadi anai-anai.

  11. Rumah tusuk sate Dianjurkan untuk menghindari posisi rumah tusuk sate karena posisi tersebut bisa mendatangkan kesialan bagi penghuni rumah.

  12. Barang/cermin pecah Selalu dikaitkan dengan akan adanya pertanda buruk.

  13. Memberi hadiah saputangan Dilarang memberi hadiah saputangan karena dikhawatirkan akan ada perpisahan

  14. Bulu mata jatuh. Bulu mata yang jatuh selalunya di hubungan kan dengan seseorang yang lagi dirindukan.

  15. Bersiul didalam rumah Jika bersiul didalam rumah maka sama dengan mengundang ular kedalam rumah.

Itulah beberapa mitos yang masih ada dan masih dipercaya masyarakat sampai saat sekarang ini. Percaya atau tidak semua hanyalah mitos belaka. Tergantung bagaimana kita mencerna dan menyikapinya.

Pos terkait