-->

Type something and hit enter

On

Melanjutkan dari artikel kemarin masih dalam tema Ibadah Lahir Batin, Sekarang kita ke BAB Haji Rohani. Haji ini aku ngak sempet nerjemah. jadi, tak potong aslinya. Okey.. Kalau haji syariat, kita sudah tahu ada manasiknya. Kalau haji hakikat, gimana..?

 

Hakikat Naik Haji Bisa Naik Haji Cara Bisa Naik Haji Menunaikan Ibadah Haji Mekak kakbah

 

فزدهوراحلته اوّلا المبل الی صاحب التلقين واحذه منه Ini maksudnya Apa..? Untuk haji rohani, haji itulah perjalanan suci. Perjalanan suci kalau rohani, itu namanya " SULUK" . Adanya di mana..? Tassawuf.



Jadi haji rohani itu ya para sufi yang melakukan riyadoh. Yang pertama apa? Carilah guru yang ngerti untuk belajar. Setelah itu apa?ثمّ ملا زمة الذّكرباالسان Amalkan dengan lisanmu. Setelah itu وملا حظة معناه zikir dengan lisan.Perhatikan maknanya!

 

حتی تحصل حياة القلب له karna zikir ini bisa menghidupkan qolbu, kalau qolbu sudah hidup dengan zikir lisan, ثمّ يستغل بذكرالباظن batinmu akan hidup juga. حتی يصفيه ملازمةاسمأالصّفات Sampai kemudian batinmu yang tiap hari zikir itu menemukan nama-nama tajallinya tuhan قنظهر كعبةالسّر sehingga tampaklah kakbah yang hakiki Kakbah rahasia. Kakbah rahasia itu apa? Batinmu,Hatimu بأنوارالصفات dengan cahaya sifat-sifat allah. Dan itu ada ayatnya..

 

Allah itu, ketika menyuruh Ismail sama Ibrohim mbangun kakbah, pertama-tama di suruh mensucikan batin. Jadi bukan membangun, tapi mensucikan. Mensucikan yang di mana? Kakbah. Kakbah yang di mana? Di dalam dirimu.

 

Makanya dulu Syekh Hamzah Fansuri berjalan kemana-mana sampai mekah sampai mana-mana nyari kakbah, mencari tuhan. Di dalam kakbah pun ngak ketemu. Ketemunya di dalam hati. Itulah kakbah sir,temukan di sana. Kalau ngak sempat haji lahir, haji batin. Sukur-sukur bisa kedua duanya. Haji lahir dan haji batin Itu kalau haji.

Click to comment