-->

Type something and hit enter

On

Selalu hati-hati dari sifat buruk yang menyusuf- Terus bagian akhir dari kitab SIRRUL ASRAR itu, SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI mengingatkan. Ati-ati dari sifat buruk yang menyusuf. Kalau kita sudah menjadi orang baik,sering-sering ada penyusuf. Penyusufnya itu apa? Sifat buruk yang sering kita ngak sadar.

 

Tafakur menyingkap ketertipuan budi,mengalahkan setan. Berjalan menuju ibadah sejati.. Ngaji tasawuf hakikat makrifat kitab sirrur asror Syech Abdul Qodir Al Jailani.

 

Orang baik yang di susupi sifat buruk, ya karakternya menjadi orang buruk. Dan itu menurut Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Contoh Hadistnya banyak. Misalnya: Nafs Itu Merusak Keimanan Sebagaimana Cukak Merusak Madu Jadi ati-ati ya orang beriman,Ojo nesunan Ojo Ngamuk-an. Kalau kamu ngamuk-an, imanmu rusak.

 

Beragama dengan marah-marah itu merusak iman sebagaimana cukak merusak madu. Ini hadist populer sebenarnya cuma kita jarang merenung,jarang tafakur. Jangan-jangan, kita golongan orang beragama yang Ngamuk-an? bearti kalau kamu Ngamuk-an, yo bearti imanmu rusak. Kayak madu yang dirusak oleh cuka. Ada lagi contohnya,ini hafalan dari jaman Tsanawiyah dulu.

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ ». أَوْ قَالَ « الْعُشْبَ »
“Hati-hatilah kalian dari hasad, karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar atau semak belukar (rumput kering)“.
Hasad itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu. Hasad itu seneng melihat orang lain sumpek dan sumpek melihat orang lain seneng.(Itu namanya hasad) Kalau kamu hasad kebaikan habis terbakar.

 

Ada lagi GHIBAH, Ghibah itu, ngomongin orang lain mengunjing yang setiap hari kita lakukan di facebook di WA.

الْغِيبَةُ أَشَدُّ مِنَ الزِّنَا . قِيلَ: وَكَيْفَ؟ قَالَ: الرَّجُلُ يَزْنِي ثُمَّ يَتُوبُ، فَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِ، وَإِنَّ صَاحِبَ الْغِيبَةِ لَا يُغْفَرُ لَهُ حَتَّى يَغْفِرَ لَهُ صَاحِبُهُ
Ghibah itu lebih berat dari zina.’” Seorang sahabat bertanya, ‘Bagaimana bisa?’ Rasulullah SAW menjelaskan, ‘Seorang laki-laki yang berzina lalu bertobat, maka Allah bisa langsung menerima tobatnya. Namun pelaku ghibah tidak akan diampuni sampai dimaafkan oleh orang yang dighibahnya,’” (HR At-Thabrani)
Itu الْغِيبَةُ أَشَدُّ مِنَ الزِّنَا Lebih buruk dari pada zina. "Tapi jangan di balik,ya..Ah,Dari pada Ghibah zina aja lah..."(Mikirmu pasti Gitu). Ati-ati jangan ghibah. Ini kalau di Sirrur Asrar, di bawah ada. kalau mau ngejar sanadnya ada rangkaian sanadnya.



Ada lagi FITNAH. Fitnah itu sesuatu yang tertidur dan Allah melaknat siapa yang membangunkanya. Siapa yang suka fitnah, bikin berita hoax bearti allah akan melaknatnya.

 

BAKHIL. Bakhil itu tidak akan masuk surga meskipun ia Abib atau Zahid. Ada lagi Riya. Riya itu, Syirik Khofi sirik tersamar. Adalagi Para pemfitnah itu ngak akan masuk surga Ini hadist-hadist yang menunjukkan bahwa sebaik apapun kamu, kalau menyusuf dalam dirimu sifat nafs Rusak dan merusak. Maka hati-hati dengan moralmu,mentalmu. Ini kalimat penutup kalau di Sirrur Asror.

ينبغی أن يكون السّالك فظنا بصير ناظرا الی حوتيم لأمور فيتفكر فی إد بارها﴿ولا يغترّ﴾ بظاهرالاحوال،فقداتّفق ٱهلالتصوّف انّ﴿السالك﴾الأحول،يغفل عن محوّلها. كماقال الله تعالی﴿فل يأمن مكراالله إلأالقوم الخسرون﴾ (سوراةالاعراف٧/٩٩) وكذ لك قال الله تعالی فی الحديث القدسي﴿ يا محمد، بشّرالمذنيبن،بأنّي غفور،واندر الصّادقين بانّی غيورٌ

 

Seyogyanya,seorang salik itu harus FATHONAH pintar dan cerdas. Basyiron Mampu membaca realitas rohani itu basyiron. Nadziron Mampu membaca realitas materi الی حوتيم الأمور hingga ke hakikat segala sesuatu. Jangan tertipu seorang Salik ويتفكر في إدبارها dan berfikirlah bertafakur mencari hikmah terhadap peristiwa yang sudah terjadi. ‎ dan tidak tertipu pada dhohirnya sesuatu,dhohirnya satu kondisi, juga jangan tertipu dengan lahirnya.

 

Sudah bersepakat para angota Tasawuf bahwa seorang salik yang hanya mengejar Akhwal,biar dapet karomah, biar naik drajatnya. Biasanya melupakan yang memberi akhwal, iaitu Allah. (itu salah satu ketertipuanya).Kayak salah satu firmannya فل يأمن مكراالله إلأالقوم الخسرون Dan tidak merasa aman dari tipu daya allah kecuali orang yang merugi. Jangan merasa sudah benar sudah selamat sudah pas. Karena kalau kita merasa itu,kita akan rugi sebagaimana dalam hadist qudsi selanjutanya. Peringatan allah ke pada nabi muhammad

وكذ لك قال الله تعالی فی الحديث القدسي﴿ يا محمد، بشّرالمذنيبن،بأنّي غفور،واندر الصّادقين بانّی غيورٌ
Wahai,muhammad..Gembirakanlah orang-orang yang berdosa. Karena aku ini maha pengampun. Dan peringatkanlah orang-orang yang benar, para shoddiqin. Karna aku ini maha mengubah.

Jangan gembira dulu orang-orang yang merasa benar, Karena allah maha mengubah. Satu peristiwa kecil bisa mengubah orang-orang shoddiq menjadi orang-orang terlaknat. Dan jangan putus asa. karena allah, maha pengampun. Asal bertaubat dan menyesal. insyaallah,allah akan mengampuni. Jadi " يا محمد، بشّرالمذنيبن،بأنّي غفور،واندر الصّادقين بانّی غيورٌ "

 

Alhamdulillah, kita sudah selesaikan sebagian dari sirul asrar. Minggu depan kita fokus tentang sholat dari wali jawa Syech Siti Jenar

والله الموفق,, والله أعلمُ بالـصـواب

 

Click to comment