-->

Type something and hit enter

On
7 level zikir,Ada zikir السان lisan, ada zikir النفس nafs, ada zikir القلب qolb, ada zikir الرح ruh, ada zikir السر sir, ada zikir الخفي khofi, ada zikir احف الخفي akhfal khofi.

 

Itu dari luar semakin kedalam, semakin ke dalam. Yang pertama zikir lisan,Gampang..Mulutmu menyebut namanya itu zikir lisan. Tujuanya apa zikir lisan? untuk mengingatkan hati biar ngak lupa sama allah. Di bantu oleh lisan karna hatimu itu sering bolak-balik. Kalau qualitasnya sudah bagus, zikir nafs.

 

Tingkatan Dzikir Cara Dzikir Zikir Wirid Tingkatan Wirid Ibadah Majlis Dzikir Keutamaan Dzikir

 

zikir Nafs itu ذكرو غير مسموع kalau hatimu bilang allah,kamu bisa merasakan. Mulutmu diem tapi hatimu bilang, Allah..Allah...Allah... Jadi, zikir nafs itu ya sama sebenarnya kayak mulut,tapi yang membunyikan kayak perasaanmu ngomong, Allah..Allah...Allah. Naik level lebih dalem, zikir القلب qolb (hati).

 

zikir القلب, itu ngak cuma ngomong allah, allah. Tapi, hatinya mulai mengamati hakikat Allah. Kebesaranya sama keindahanya. Itu zikir hati, Semakin fokus semakin konsentrasi pada allah tidak hanya mengucapkan allah. itu zikir القلب



Yang ke empat zikir الرح ruh. Zikir ruh itu ketika orang melihat apapun, bearti melihat allah. Itu bearti rohmu zikir terus. Kamu melihat pohon, Allah yang terlihat. Makluknya apapun, allah yang terlihat. Itu zikir ruh.. Bearti, kemana-mana ruhmu berzikir. selalu di mana-mana rohmu berzikir, kemana-mana ingat allah. Itu namanya zikir ruh.. Semakin dalem, ada zikir sir.

 

Kalau tadi apa-apa yang di lihat hanya allah, kalau ini sudah fokus pada allah saja. Akhirnya memahami di balik apa-apa tadi, ngak lagi fokus di apa-apanya. Ngak lagi fokus di hewanya, di tumbuhanya, di manusianya, tapi rahasia di balik ciptaan itu, di situ ada allah. Semakin dalem.... Ada zikir khofi.

 

Kalau zikir الخفي khofi ini, bukan lagi tajallinya allah yang menjadi fokus. Kayak tadi, kan kalau zikir ruh itu yang di lihat tajalinya allah, Terus masuk ke sir ("rahasia dari tajallinya allah") itu yang di fokusi. Kalau sudah KHOFI, Allah saja.. Hakikatnya allah itu apa? Makanya فی مقعد صدق maksudnya tempat duduk yang benar. Maksudnya posisi dan hakikatnya allah itu apa? itulah zikir khofi. Sudah tidak ada apa-apa lagi yang di fahami yang di fokusi, cuma hakikatnya allah. Baru yang terakhir zikir احف الخفي akhfal khofi.

 

zikir احف الخفي akhfal khofi, Khofi itu samar..Samar yang paling samar. Samar yang paling samar,itu fana. Bahkan dirinya sendiri ngak ada yang ada hanya allah. Dan tujuh level zikir ini, sifatnya hinarkis. semakin naik kelas semakin naik kelas. Di teorikan ngak ada gunanya, Praktekanlah...!

 

Batinmu, hatimu sampai diri sendiri lenyap yang ada hanya allah. Bearti sampai ke level fana. Itu namanya zikir احف الخفي akhfal khofi.

Click to comment