-->

Type something and hit enter

On

Kalau ini simple teorinya. Yang kita sucikan cuma dua, iaitu lahir dan batin. Sebelum kita sholat ada namanya Thaharah (bersuci). Ingatlah kalau kita wudhu, Thaharah itu yang sedang di sucikan adalah lahir. Sucikan juga batinmu..! Siapa tahu masih najis, siapa tahu masih kotor.

 

Hakikat Makrifat Tasawuf Ilmu sejati Bersuci,Taubat, Iklas, Cinta karena Allah, Cinta Allah, Cinta Ilahi

 

Konsep mensucikan diri paling simple, ya Taubat Terus Iklas. Cuma prosesnya panjang. Kadang-kadang untuk mensucikan batin, orang butuh guru. Jangan di sucikan sendiri pakai teori sendiri. "Takutnya nanti kamu ngarang sendiri") Ada baiknya kamu mencari guru yang kamu anggap ngerti dimana caranya mensucikan diri, menyucikan batin.

 

Jadi, selama ini kita sangat ati-ati sekali biar dhohir kita suci. "Mau sholat", "Jangan-jangan celana aku ini kotor..? Kena najis.." Terus ganti sarung, " Jangan-Jangan,Jangan jangan.." Kan, kita sering begitu.. Yo, bagus.... Cuma pernah ngak kita kuwatir hati-hati dengan kesucian batin..? Mau shalat dula ah.. Jangan-jangan di hatiku masih ada iri, dengki, hasud, cuek, dan seterusnya... Nah, itu mensucikan batin. Jalanya cuma dua iaitu taubat sama iklas Makanya sholat itu ya di ancang-ancang bentar, jangan terus ujuk-ujuk. Apalagi waktu jamaah, imamnya sudah mau rukuk, kamu datangnya telat, terus langsung, cek set sret... Yo, ambil nafas bentar konsentrasi bersihkan. Kalau lahir kan sudah [ Wudhu ] ,bersihkan juga batinya. Sadari bahwa ini sedang berhadapan dengan allah.. Ngak usah tegang, juga jangan kaku. Bahasa agama rumusnya shalat itu kan Khusyuk dan Khuduk'



Khuduk' itu aktivitas lahirnya, Khusyuk itu aktivitas batinya. Jadi Khuduk' itu tunjukkanlah ini sedang sholat, sedang berhadapan dengan allah, jangan bikin gerakan yang aneh-aneh, jangan ucapkan yang aneh-aneh. Ini yang kalau para ahli fiqih di rumuskan macem-macem, ada yang bilang ngak boleh gerak sampai 3X lah.. ngak boleh ini.. ngak boleh itu..[ macem-macem sudah ] Itu dari para ahli fiqih. Intinya apa? Fisiknya harus khuduk' tunduk menunjukkan bahwa sedang berhadapan dengan allah. Yo, mungkin logikanya kalau sudah gerak sudah 3x bearti sudah ngak konsen. Cuma, yo ngak harus di artikan lurus-lurus [ nanti kamu bingung ].

 

Jadi kesimpulanya, Bersuci dalam kitab Sirrul Asrar ini, ada dua jenis penyucian. Sebelumnya di ingat-ingat bahwa postingan ini, melanjutkan postingan yang kemarin masih dalam tema ibadah lahir batin. [bab bersuci sirrul asrar] Penyucian lahir dan penyucian batin.

Penyucian Zahir, Thoharoh Syariat

Penyucian zahir, di lakukan oleh peraturan agama dan di lakukan dengan cara membasuh tubuh badan dengan air yang bersih.

Penyucian Batin, Thaharah Hakikat

Penyucian batin, di lakukan dengan cara menyadari kekotoran di dalam diri, menyadari dosanya dan bertaubat dengan iklas. Penyucian batin memerlukan perjalanan kerohanian dan di bimbing oleh guru kerohanian.

Click to comment