-->

Type something and hit enter

On

Perbuatan Baik Itu Niyat Proses hasil Dan Efeknya Harus baik - Perbuatan baik itu, tidak jadi baik hanya dari namanya. Termasuk ngaji ini, ngaji ini baik, istilah ngaji ini baik aktivitas ngaji itu baik. Tapi perbuatan baik itu kalau dalam Islam yang pernah belajar filsafat akhlak pasti faham bahwa sebuah perbuatan baik itu di lihat dari :

1 - Yang pertama niyatnya juga harus baik

Perbuatan baik tapi niyatnya jelek ya jadinya tidak disebut perbuatan baik. Kemudian prosesnya juga harus baik.


VIDEO TERKAIT POSTINGAN INI. Silakan Klik Tombol Play Untuk Menonton

 

2- Yang kedua Prosesnya juga harus baik

Ngak boleh ada perbuatan baik kok di lakukan secara jelek. Itu kalau istilahnya Ghazali sering saya sitir, seperti orang menucuci tapi dengan air kencing. Mencuci dengan air kencing itu niyatnya baik aktivitasnya baik. Niyat mencuci itu kan membersihkan aktivitas mencuci juga baik,tapi prosesnya jelek karna prosesnya seperti air kencing. Yang terjadi bukan bersih tapi malah tambah kotor.



3 - Yang ke tiga Hasilnya juga harus baik

 

Baca Juga : Penistaan Ulama Versi Indonesia

 

Kalau hasilnya ngak baik ada yang salah. Niyatnya bantu orang kok lahirnya malah jadi orang tersinggung, jadi nambah musuh, bearti ada yang salah. Niyatnya menyebarkan kebenaran kok hasilnya menyebabkan orang tawuran, bearti ada yang salah.

 

4 - Dan yang terakhir Eeknya

Mungkin niyatnya sudah baik, prosesnya sudah baik hasilnya juga baik tapi ketika efeknya jelek, kemungkinan itu belum utuh di sebut perbuatan baik. Kamu melakukan kebaikan dari awal sampai akhir baik tapi efeknya kok jadi jelek, kamu merasa sombong kamu merasa besar, kamu merasa jadi orang yang drajatnya tinggi, [ini efek]. Yo nanti ada efek-efek yang lain tidak di dirimu mungkin di orang lain, mungkin di masa depan, mungkin di klompok yang lain, itu namanya efek. Efeknya kalua jelek,mungkin ada yang perlu di cek lagi dari perbuatan kita.

 

Baca Juga : Tidak Punya Cahaya Tak Bisa Menerangi

 

Jadi, apapun perbuatan baik itu dia belum bisa di sebut baik kalau empat unsur tadi belum terlihat. Apapun itu apapun ngaji kah, dakwah kah,membantu orang lain kah? Menyebarkan kebenaran kah..? Itu niyatnya harus baik, prosesnya harus baik, hasilnya harus baik dan efeknya harus baik.

 

Ngaji ini harus di niyati dari awal dengan baik. Proses ngajinya juga dilakukan dengan baik. Proses itu kan mulai kamu datang dari sini duduk mendengarkan mencari hikmahnya itu dilakukan dengan baik. Berangkat ke sini kok sambil bawa motor temenya tanpa pamit, itu kan prosesnya jelek.

 

Baca Juga : Taubat Kemudian Jatuh Cinta Sama Allah, Akan Membuat Hidupmu Tentram

 

Ngajimu baik tapi temenmu misuh-misuh(ngomel) karena motornya kamu bawa kesini tanpa pamit, Itu kan jelek. Hasilnya juga harus kelihatan baik. Kok hasilnya jelek , gara-gara ngaji ini kok malah kamu jadi rusak kamu males melakukan kebaikan bearti hsilnya jelek. Dan efeknya, Jangan sampai ngaji ini membawa efek yang tidak cocok untuk kebaikan keindahan hidupmu.

Click to comment