-->

Type something and hit enter

On

Sumber Neraka Dunia - Nerakanya hidup itu kalau kamu punya empat karaker ini. Pasti isinya susah terus dan ngak ada senengnya. Hindari ini.!


1- Iri, Karakter iri adalah Sumber Neraka Dunia

Yang pertama apa? meri (iri). Begitu kamu iri, hidupmu tiap hari neraka. Kamu merasa jelek dan kamu angep temenmu cakep dan kamu iri, itu wasalam sudah.. Kamu tiap hari bisa tekanan batin itu [karena kamu meri/iri]. Itu sudah neraka sudah tiap hari. Jangan iri dalam hal apapun. Yang ke dua sombong..



2- Sombong Merasa Tinggi

sombong merasa tinggi-. Jangan salah orang yang sombong itu juga neraka sendiri buat dirinya [Merasa tinggi, merasa lebih baik, merasa lebih bener, merasa lebih utama] Itu dia susah sendiri nanti hidupnya.

 

Dia akan memposisikan dirinya untuk selalu kelihatan lebih baik, selalu kelihatan lebih tinggi, selalu kelihatan lebih utama. Sama-sama ke warung, yang merasa lebih tinggi lihat temenya “oh kamu habisin cuma sepuluh ribu, aku harus beli yang lebih dari sepuluh ribu" susah dewe nanti (Susah sendiri nanti). Kamu dapat pacar kayak gitu aku harus dapet lebih tinggi dari kamu. Susah dewe.

 

Jadi ngak boleh sombong.. Nantik menyusahkan dirimu sendiri. Bukan orang lain lho pak yang di susahkan itu. Ketika kamu sombong, yang susah kamu sendiri. Kamu akan hidup di nerakamu sendiri. Merasa lebih besar merasa lebih tinggi, merasa lebih pinter, merasa lebih bermanfaaat [itu alamat sudah],Wassalam.... Jadi jangan pambegan (jangan sombong)

 

3- Kecewa Adalah Sumber Neraka Dunia. Orang Yang Suka Neratapi Masa Lalu.

Yang ketiga jangan getun. Getun itu kecewa dengan yang sudah terjadi. Orang yang selalu meratapi masa lalu, tidak akan bahagia. Coba kemarin begitu, coba kemarin begini[ Wasalam sudah], kamu ngak akan bahagia.

 

Baca Juga : Sifat Iri Dan Sombong Hanya Akan Menjatuhkan Diri Sendiri

 

 

4- Kuwatir, Kuwatir Pada Masa Depan Adalah Sumber Neraka Dunia

Dan Yang ke empat sumelang. Sumelang itu kuwatir. Menyesal terhadap masa lalu dan kuwatir masa depan. Besok gimana ya? yang akan datang kayak di mana ya? Bisa ngak ya aku, mampu ngak ya aku? Alamat sudah kamu akan hidup kayak di neraka dunia.

 

Jangan meri, jangan sombong, jangan kecewa dan jangan kuwatir. Kalau kamu meri/iri, sombong, getun dan kuwatir sumelang, maka hidupmu ngak nyaman kamu pasti ngak bahagia. Kamu akan hidup kayak di nerakanya dunia.

 

Baca Juga : Godaan Orang Berilmu Mengikut Tingkatan Ilmunya

 

Jadi ini rumus negatifnya itu. Terus…Yo empat hal ini yang kalau di suryo mataram kayak bikin tatu/luka.(Raus tatu karo raos ciloko/ Merasa terluka dan merasa celaka) celaka bendu/ celaka yang berkelanjutan. Sebenarnya itu [hanya rasamu] ..

Nara Sumber : Dr. Fahruddin Faiz

Click to comment