Type something and hit enter

On

Demi Allah Cinta Dunia Adalah Dosa Besar- Postingan dan Vidio pendek tentang Demi Allah Cinta Dunia Adalah Dosa Besar" adalah Sesi Ngaji Filsafat oleh Dr.H.Fahruddin Faiz, yang di selengarakan dari Masjid Jendral Sudirman Jogyakarta. Tema kajian kali ini adalah Muhasabah Di Penghujung Tahun 2019 mengangakat tokoh Campuran Termasuk Imam Hasan Al Basri. Berikut ini cuplikan kajian Singkat yang kami beri judul "Demi Allah Cinta Dunia Adalah Dosa Besar" Diskripsi : # Bab : # | Tag : # |

 

Tidak Cinta Dunia Demi Mewujudkan Keindahan Kenikmatan

 



Cinta Dunia Itu Dosa Besar! Kenapa? Demi Allah aku tidak takjub terhadap sesuatu, seperti takjubnya pada orang yang tidak menganggap cinta dunia sebagai dosa besar. Demi Allah sesungguhnya cinta kepada dunia adalah termasuk dosa besar.

 

Bukankah semua cabang dosa Besar itu di sebabkan oleh cinta dunia. korupsi, perampokan, pembunuhan owh semua dosa besar. sumbernya apa? Cinta dunia. Cinta harta cinta kenikmatan dunia, cinta sesuatu atau seseorang.

 

Bukankah berhala-berhala di sembah, Allah di durhakai karna cinta dunia. maka seseorang yang tahu, Tidak Akan mengeluh akan kehinaan Dunia, tidak akan berlomba mendekatinya dan tidak akan putus asa karena jauh darinya. Kalau hanya dunia, ngak masalah. Kita di angep hina, ngak masalah. Kita dianggap kalah, nggak Masalah, kita ngak sukses, ngak masalah kalau hanya dunia. Itu pesannya iman Al Hasan Al Basri.

 

Iya kalimat-kalimat semacam ini enak indah kalau di ucapkan, nanti keluar dari sini ya seperti biasanya lagi. Harus sangup ya.. kayak tadi lho, kayak orang sedang sakit terluka.Ya memang agak perih, puasa sedikit agak lapar, tapi nanti kita terhindar dari sakit yang lebih panjang.

 

Ada dialog unik dari Imam Hasan Al Basri dengan muridnya, suatu ketika ada muridnya tanya "Wahai abu said (karna beliau nama lengkapnya kan Abu Hasan Said Bin Abdul Hasan Al Yasyari Al Basri) "Wahai abu said.. Pakaian apa yang engkau sukai?" Jawabanya "Yang paling tebal yang paling kasar, yang paling buruk di mata manusia" Muridnya Protes "bukankah allah itu maha indah dan menyukai keindahan ?" Jawabannya Imam Al-Hasan Al-Basri "Wahai anakku,Kau salah faham.. Keindahan di situ bukan itu maksudnya. Andai kata keindahan di sisi Allah itu karna pakaian, Tentulah orang-orang lacur itu lebih mulia dari orang baik. Pejabat-pejabat koruptor yang kaya raya itu mobilnya indah, bajunya indah istrinya indah, indah semua. Apa mereka paling di cintai allah gara-gara itu? kan Tidak..!

 

Keindahan Dalam kalimat itu maksudnya apa? Sesunguhnya keindahan yang di maksud adalah mendekatkan diri kepada Allah. Melakukan ketaatan menjauhi maksiat berakhlak mulia itulah keindahan. Itulah yang di sukai oleh Allah. Kalau engkau sedang berjuang menjahui maksiat, yang sedang engkau lakukan itu indah. Kalau engkau sedang menjalankan ketaatan kepada Allah, Yang engkau lakukan itu indah. Kalau engkau sedang mewujudkan Akhlak Mulia, Yang engkau lakukan itu indah.

 

Bukan bajumu bukan model rambutmu bukan selfa-selfi mu. Keindahan itu ada pada Akhlak. Nah itu .. Kita kemarin kan memahami kalimat ini, Allah maha indah dan mencintai keindahan. Katanya Hasan Al Basri, keindahan di situ bukan keindahan Lahiriyah. Tapi keindahan Batiniyah.Okey..


Click to comment