Type something and hit enter

On

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), munafik dalam mata syariat artinya bertindak seolah-olah yakin dan taat terhadap sebuah ajaran agama atau yang sejenisnya, namun dalam hatinya memungkiri itu. Atau ia berkata tapi tidak sesuai dengan apa yang dikerjakannya.

 

Ciri Tanda Orang Munafik Dalam Alquran Dan Hadist Nabi

 

Secara garis besarbesarnya, jika merujuk pada hadist dan ayat-ayat di Al-Quran, di dapatkan tiga (tiga) ciri orang yang di sebut munafik. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
“Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari)

Dari hadist tersebut di atas kita manusia diperingatkan untuk berhati-hati supaya tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang di sebut munafik.




Di bagian awal Al-Quran, Allah Swt. Mengelompokan umat manusia dalam tiga golongan, yakni: mukmin, kafir, dan munafik. Kemudian dilanjutkan dengan menguraikan ciri-ciri orang munafik secara panjang lebar. Golongan munafik dibahas dengan sangat panjang karena mereka sangat berbahaya di masyarakat. Maka dari itu, sangatlah perlu kita mengenali ciri-ciri dan nasib mereka ini dan apakah ciri ini ada pada kita yang selalu tidak menyadari adanya kemunafikan dalam batin maupun lahir

 

Baca Juga : 7 Tanda Orang Iri Hati Pada Kita

Ciri-Ciri Orang Munafik Dalam Syariat

  1. Suka BohongOrang seperti ini tidak bisa dipercaya dalam setiap perkataannya. Bisa jadi apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan hatinya. Atau bisa dibilang lain di mulut lain di hati.

  2. Ingkar janji Orang munafik sulit dipercaya perkataan maupun perbuatannya. Dalam Al-Quran telah dijelaskan mengenai janji yang harus ditepati.

  3. Bila diberi amanah selalu berkhianatOrang munafik tidak dapat menjaga amanah dengan baik.

Hakikat Munafik Dan Ancaman Akhirat

Allah Swt. secara khusus menjelaskan tentang munafik dalam satu surat. Surat tersebut diberi nama surah al-munafiqun. Surat tersebut diturunkan di Madinah dengan jumlah 11 ayat. Asbabun nuzul dari surat ini adalah kesaksian palsu Abdullah bin Ubay dan kawan-kawannya kepada Rasulullah Saw.

 

Baca Juga : Sifat Iri Dan Sombong Hanya Akan Menjatuhkan Diri Sendiri

 

Dalam Tafsir Al-Amtsal Al-Quran dijelaskan bahwa pada hakikatnya kemunafikan adalah sejenis penyakit, karena pada dasarnya manusia hanya memiliki satu wajah,dan pada dirinya terdapat keseimbangan antara ruh dan jasad karena lahir dari batin, ruh dan jasad saling menyempurnakan.

 

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa sifat munafik ini sangatlah tercela. Sehingga sudah seharusnya kita untuk menjauhi sifat tersebut.

 

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِ ۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًا
"Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka," (QS. An-Nisa': Ayat 145)

Semoga kita semua terhindar dari orang yang berperilaku munafik. Aamiin Allohumma Aamiin.

 

Baca Juga : Resep Memasak Itik Goreng Enak Renyah Tidak Amis
Catatan :
"Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepadanya, niscahya Allah akan pahamkan dia tentang agamanya" ( Muttafaqun 'alaih ).

Wallahu a’lam ( والله أعلمُ)

Click to comment