Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan

Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan

Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan - Sekarang tema rezeki. Ini salah satu hal yang sering membuat kita galau.

Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan
Sebagaimana Tuhanmu telah mencukupkan rezeki mu di hari kemarin Maka jangan khawatirkan rezekimu untuk esok hari.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.

Ini kan sering membuat kita gelisah, apalagi temen-temen mahasiswa. Besok mau jadi apa? besok mau kerja apa? besok bisa makan apa tidak? bisa bayar kuliah atau tidak? Dan Seterusnya.. Kalau kalian kemarin-kemarin bisa survive, Kalian kan kemarin juga masih belum punya pekerjaan, kalian kemarin juga masih bergantung sama orang tua. kalian masih belum mandiri juga kemarin, tapi toh Allah menghadirkan rizkimu.

Vidio Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan

Dengan jalan yang ada mungkin lewat orang tua, lewat beasiswa, lewat tentangga, itu kan rezeki dari Allah. Kalau Allah kemarin mencukupkan rizki mu besok juga begitu. Maka ndak perlu kuwatir, ndak perlu nabrak-nabrak aturan, ndak perlu menerjang yang salah yang keliru hanya demi rizky. Rezeki sudah ada yang ngatur.

Baca Juga : Lebih Enak Mencintai Apa Di Cintai

Orang selalu saja galau, selalu saja gelisah dengan rizqi. Kalau engkau tidak punya pekerjaan gelisah itu menurut saya manusiawi. Karena manusia itu diantara fitrahnya adalah kerja. Punya aktivitas, punya penghasilan. Tapi urusan hasil, urusan rezeki, jangan dikuatirkan itu urusan Allah.

BACA JUGA : Ternyata Ada Agama Yang Menyembah Toilet Sebagai Tuhan

Sebagaimana dawuh-nya Imam Malik minggu lalu yang kita kutip bahwa lakukan saja sesuai bidangmu, sebaik mungkin sesuai yang harus kamu lakukan. Urusan rezqi kembalikan lagi pada Allah, karena Allah yang mengatur, Allah yang mencukupkan. Ini maksudnya sama dengan kata-kata dari Imam Syafi'i. Ada sebuah syair yang terkenal sekali. Ini nasehat agar kita tidak mencampur uang yang haram dengan yang halal.

Ia kumpulkan yang haram dengan yang halal supaya menjadi banyak. Yang haram pun masuk ke dalam yang halal. Ialu ia merusaknya.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.

Ini ada cerita dibalik syair ini jadi satu ketika ada seseorang yang menghadap ke Imam Syafi'i. Orang ini mengeluhkan rizqinya ndak cukup. Satu bulan Dia mendapat gaji 500 Dirham. Tapi, gaji sebesar ini rasanya sudah besar kok yo masih susah memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam satu bulan. Orang ini mengadu pada Imam Syafi'i. Nah,nasihatnya Imam Syafi'i agak aneh. katanya Imam syafie,. Oke bulan depan Kamu mintalah gajimu diturunkan menjadi 300-400 dirham saja.

Baca Juga : Ekpresikan Cintamu Dengan Beradap Dan Punya Akhlak

Ini Aneh ya orang merasa kekurangan kok, gajinya ndak cukup malah diminta turun. Tapi karena yang meminta seorang ulama besar yang dekat dengan Allah ya dituruti. Akhirnya minta penurunan gaji bulan depan gajinya jadi 400 dirham. Tapi tetep, 400 dirham pun dia masih kesulitan masih kekurangan. menghadap lagi dia pada Imam syafii. Terus katanya Imam syafii,. Coba kamu minta turun lagi tiga ratus dirham untuk bulan depan.

BACA JUGA : Cinta Yang Bertabur Air Mata Itu Begitu Indah

Orang ini semakin heran, lo kok tambah turun? 500 rasanya kurang, 400 masih kurang, sekarang disuruh 300. Ndak pa-pa lah yang menyuruh beliau, Insya Allah ada hikmahnya ada Rahasianya. diikuti minta turunkan 300. Nah setelah 300, jadinya rasanya kok malah tenang rasanya ndak banyak lagi kebutuhan macam-macam, rasanya kok cukup dibuat apa saja dalam satu bulan. Alhamdulillah..

Baca Juga : Kumpulan Syair Mahabbah Cinta Illahiyah Radiah Al-Adawiyah

Padahal kemarin 500 rasane ngak cukup, 400 rasanya tidak cukup, 300 kok rasanya melah cukup. Kembalilah dia menghadap pada Imam Syafi'i. Kok bisa sekarang saya merasa cukup, gaji saya meskipun jatuhnya hanya 306. Imam Syafi'i terus memberitahu.. wahai saudaraku sebenarnya pekerjaan yang engkau lakukan itu memang layaknya gajinya hanya 300 sehingga sisa yang 200 ini sifatnya kelebihan dan ini yang kecampur dalam gajimu yang halal sehingga membuatnya tidak Barokah, kalau dalam bahasa Islamnya.

Karena tidak Barokah rasane kurah terus, rasanya ada saja kebutuhan-kebutuhan baru yang sehingga 500 ini Ndak cukup. Tapi Ketika engkau mengambil hakmu pas sesuai jatahmu yaitu 300 sekarang hartamu sudah bersih isinya halal semua dan disitulah letaknya Barokah. Jadi urusan rezeki berarti kita harus hati-hati yang halal dan haram ketika dia ngompol yang haram akan merusak yang halal.

BACA JUGA : Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Kanjeng Ratu Roro Kidol

Ketika yang halal dirusak dengan hadirnya yang haram,harta kita jadi tidak barokah. dan tidak ada hubungannya dengan jumlah dengan kuantitas. karena harta itu kan kuncinya pada rasa cukup yang ada dalam diri kita. Jadi ya ini untuk bahan renungan kita semua semoga teman-teman yang mendengarkan ini hati-hati dalam pengelolaan Rizki jangan sampai harta yang kita pegang tidak Barokah atau ke campur-campur sehingga tidak Barokah.

Baca Juga : Cinta Yang Bertabur Air Mata Itu Begitu Indah

Baik temen-temen, masih ada beberapa quotes beberapa nasehat berharga dari Imam Syafi'i. Beliau ini sebenarnya sangat banyak kitabnya, sangat banyak nasehat wasiat yang berharga. Ya cuma Sayangnya kita ndak mungkin mengangkat semuanya malam hari ini.

Sering saya bilang ya ngaji ini hanya mancing saja semoga teman-teman tertarik untuk memperdalam lebih jauh. Baiklah kita ambil beberapa ya, katanya Imam Syafi'i...Amal yang paling berat itu ada tiga. Yaitu...
  1. murah hati saat miskin
  2. Bersikap Warok saat sendiri
  3. Mengucapkan kebenaran di hadapan orang
  4. yang ditakuti.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.
Murah hati saat miskin

Murah hati saat miskin ini berat, karena orang miskin itu biasanya mentalnya kurang, mentalnya masih butuh masih ingin. ini mentalnya mental menerima bukan mental memberi. Maka kalau ada orang miskin yang bermental memberi ini luar biasa.

Yang kedua bersikap Warok

Bersikap warok Saat Sendiri. Bersikap Waro itu menjaga diri tdak sembarangan. Menjaga kehormatannya. ini biasanya ya orang warok itu dihadapan orang lain, kalau ada orang lain dia menjaga nama baiknya, menjaga kehormatannya. Kalau ada orang meskipun dia sendirian. Dia tidak akan melakukan sesuatu yang menjatuhkan harga dirinya, menjatuhkan kehormatannya. Ini orang yang luar biasa karena termasuk amal yang berat. Kita itu cenderung kalau nggak ada siapa-siapa ya suka-suka kita. Tapi kalau masih ada orang yang mau menjaga diri saat sendiri, ini orang hebat.

BACA JUGA : Ekpresikan Cintamu Dengan Beradap Dan Punya Akhlak

Dan yang terakhir mengucapkan kebenaran di hadapan orang yang ditakuti

Ini juga berat, kalau orang yang kita takuti kan kita pengennya minggir saja tdak bersentuhan dengan dia. Tapi kok orang ini saya takuti, tapi aku harus menyampaikan kebenaran padanya entah nanti apa resikonya. Orang yang berani semacam ini orang yang hebat.

Mengucapkan kebenaran di hadapan orang yang ditakuti. Mungkin nanti setelah ini aku akan dihukum, setelah ini aku akan disiksa, setelah ini aku akan menghadapi banyak kesulitan kesakitan Monggo lah. Yang penting Aku mengucapkan kebenaran. Makanya ini orang hebat. Jadi mengucapkan kebenaran di hadapan orang yang ditakuti.

Baca Juga : Ekpresikan Cintamu Dengan Beradap Dan Punya Akhlak

Monggo temen-temen latihan siapa tahu kita bisa masuk kualifikasi orang-orang hebat ini. Meskipun miskin tak punya apa-apa tetap murah hati, meskipun sendirian tetap menjaga kehormatan. Meskipun di hadapan yang ditakuti tetap menyampaikan kebenaran Nah, ada lagi quote yang terakhir ya ini.

Tidak ada yang dapat menggaruk kulit mu selain kukumu sendiri. Maka Kerjakanlah urusanmu sendiri.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.
Ya yang saya sampaikan diatas dari awal sampai akhir ini tadi kan ideal ideal. Mungkin beberapa diantaranya bisa menjadi solusi masalah-masalah kita hari ini. Tapi ideal akan hanya menjadi ideal kalau kita tidak menjalankannya.

Problem kita tetep akan jadi problem kalau kita tidak mencoba menyelesaikannya. Iyo kita sendiri wong problem kita. kalau kita gatel kan kita garuk dengan kuku kita sendiri dengan jari kita sendiri. Maka ayo kita kerjakan urusan kita, ayo kita kerjakan kita selesaikan masalah kita kita sendiri. Nggak usah nunggu orang lain.

BACA JUGA : Cinta Yang Bertabur Air Mata Itu Begitu Indah

Kadang-kadang kita itu hal yang bisa kita selesaikan sendiri, kita lebih suka menunggu orang lain menyelesaikan nya. Kita lebih suka menyuruh orang, kita lebih suka menunggu orang, kita lebih suka kadang-kadang menunggu mood, kita lebih suka kadang-kadang menunggu situasi, kadang-kadang lebih suka... Akhirnya kerjaan kita semuanya terpending semuanya keteteran.

Baca Juga : Lebih Enak Mencintai Apa Di Cintai

Ini menurut saja quotes dari Imam Syafi'i ini bisa kita pakai, "tidak ada yang dapat menggaruk kulit kita selain kuku kita sendiri". jangan menunggu digaruk dan orang lain. Kalau orang lain yang menggaruk mungkin gatalnya hilang tapi karena dia menggaruk ndak perhitungan jadinya lecet atau mungkin karena dia takut kita lecet akhirnya a ternyata hilang cuma di elus saja.

Yo yang paling ngerti masalah kita itu yang kita sendiri. Jadi tidak ada yang dapat menggaruk kulitmu, selain kukumu sendiri. Nah, yang terakhir untuk penutup ini ada kalimat. Kalimat ini tertulis di cincinnya Imam Syafi'i yang beliau pakai dijari kiri. Kalimatnya bunyinya ini..

Cukuplah Allah sebagai pegangan, cukuplah Allah sebagai sandaran. yang dipercaya oleh Muhammad bin Idris.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.
Ini dibawa kemana-mana oleh Imam Syafi'i. Mungkin untuk mengingatkan beliau bahwa hidup ini pada akhirnya kunci utamanya adalah keimanan kita, kepercayaan kita kepada Allah.
Cukup Allah saja semua masalah akan selesai. cukup Allah saja hidup ini akan beres. Cukup Allah saja apapun kesulitan kegalauan dalam hidup kita ngak akan ada artinya.
Author
Imam Asy-Syafi'i Kumpulan Quotes Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi.

Semoga ini juga bisa menginspirasi kita orang yang beriman kepada Allah, orang yang kepercayaannya sangat dalam akan Allah, maka dia hidupnya akan dipenuhi dengan cahayanya Allah. Dia hidup dengan penuh harapan tapi sekaligus tidak sembrono karena dia juga punya rasa takut kepada Allah.

BACA JUGA : Ekpresikan Cintamu Dengan Beradap Dan Punya Akhlak

Hidup yang tidak sembrono tapi juga hidup yang tidak putus asa. Hidup Yang serius berusaha tapi juga hidup yang mau untuk tawakal. Hidup yang siap melakukan ikhtiar, tapi juga siap menerima segala ketetapan dari Tuhan.

Hidup seperti inilah yang ideal dalam islam. Hidup yang menjadi kunci kebahagiaan duniawi maupun ukhrawi

Anda mungkin menyukai postingan ini