Urusan Sukses Dan Tidaknya Biar  Sunatullahnya Yang Bekerja Tugasku Jangan Diam Saja

Urusan Sukses Dan Tidaknya Biar Sunatullahnya Yang Bekerja Tugasku Jangan Diam Saja

katanya Leonardo da Vinci, telah lama aku perhatikan ternyata orang-orang sukses itu jarang yang hanya duduk dan pasrah atas apa yang terjadi pada diri mereka. Mereka keluar dan mengalami banyak hal. Jadi ini dalil untuk jangan males.
Urusan Sukses Dan Tidaknya Biar  Sunatullahnya Yang Bekerja
Banyak yang tanya ke saya, Pak caranya biar enggak males hidup gimana ya? Yo Jangan malas..! ndak ada caranya pokoknya jangan males saja. Kalau malesmerasa males ya sudah bangkitlah paksa diri untuk bangkit. Cuma itu dan biasakan untuk beraktivitas. Karena manusia itu hidup dengan apa yang dia biasakan.

Kalau kamu biasa santai-santai, kongkow-kongkow,enak-enakan Tdak ngapa-ngapain yo kamu akan terbiasa dengan itu. Maka satu-satunya jalan keluar dari zonamu aktiflah.

Jadi kuncinya itu. Katanya Leonardo,kan... Saya sudah cek sendiri, semua orang sukses itu tidak ada yang dengan diam dan pasrah. Sukses dibidang apapun. Tapi saya sukses dibidang sufi Pak, yang pasrah rela.. Lho, mbok angep sufi-sufi itu terus diam saja, tidak... Mereka itu mengejar, mengejar anugerahnya, mengejar ridhonya. Mereka justru ndak tidur siang hari malam hari isinya ibadah. Ngak ada yang males-malesan.

Jadi kamu cita-citamu apa saja ndak akan sukses kalau kamu hanya duduk dan pasrah. tapi sekarang bisa lho Pak jualan pegang HP sambil duduk..Lha ialah, tapi tetep gak bisa diam saja.. Jadi rumus pertama itu kamu harus aktif. Dan rumput keaktifan itu kalau di islam kan jangan dibayangkan kayak satu tambah satu dua. keaktifan itu upaya kita bergerak, enggak usah dipikir hasilnya.

BACA JUGA : Kumpulan Syair Mahabbah Cinta Illahiyah Radiah Al-Adawiyah


Kadang-kadang karena mikir hasil ini akan terus kita jadi fesimis. Halah Pak,saya kejar kayak gimanapun yo ndak mungkin kelihatannya... Kan kamu terus biasanya begitu. karena kamu bergantung pada amalmu bergantung pada tindakan. Jangan...!Bergantung lah kepada Allah.. kamu bekerja, kamu beraktivitas, kamu bertindak, itu ya karena sunatullah mu sebagai manusia. Hasilnya Apa itu urusannya Allah ndak usah kamu fikir. Jadi jangan salah identifikasi. Tugasmu cuma bergerak..

Sering saya ilustrasikan ceritanya Nabi Ismail dan ibunya. Itu loh Ketika Nabi Ismail bayi ditinggal berdua di Mekkah. Susah nyari air lari-lari sofa Marwa bolak-balik tujuh kali akhirnya dapat air dari kakinya Ismail yang menjejak tanah. Mbok yo jejak sejak tadi biar segera keluar... lho itu rahasiannya Allah, cara kerjanya memang begitu... kalau pakai matematika lari bolak-balik tujuh kali tadi ketemu airnya ya dari hasil lari ini tadi. Tapi hidup tak begitu, kita kerjanya ini malah hasil keluar dari situ.. Inilah logika kerja dan hasil, makanya kamu aktif saja.

BACA JUGA : Ekpresikan Cintamu Dengan Beradap Dan Punya Akhlak


Ndak usah mikir dapet apa, kalau kamu mikir itu namanya narget. kadang-kadang hasilnya malah kecewa. Pastikan yang kamu lakukan baik, bermanfaat, produktif, nanti selanjutnya Allah dan sunatullah yang bekerja. Oke,Kalimat selanjutnya konotasinya sama...

Aku pernah terkesan dengan pentingnya tindakan, ternyata tahu saja tidak cukup. Kita harus menjalankan. Ingin saja tidak cukup, kita harus melakukan. Mimpi dan harapan saja,tidak cukup...
Author
Leonardo da Vinci Seniman Dan Filosof Barat

Kalau kamu hanya mimpi dan berharap ndak ada aktivitasnya Yo ngak jadi kenyataan. Untuk membuat mimpi jadi kenyataan, kamu harus bangun. Meskipun tadi awalnya mimpi memang semuanya diawali dari mimpi. Tapi jangan mimpi terus.. jangan kok pak hidup ini kan diawali dari mimpi, saya makanya pengen tidur lagi... Jangan..Ndak begitu..nanti kamu bolak-balik tidur pengen mimpi.

Biar mimpimu jadi kenyataan Kamu harus bangun. Seenak-enaknya sukses dalam mimpi, jauh hebatnya dibandingkan sukses dalam kenyataan. Terus.. Ini analogi dari Leonardo Da Vinci.. Besi berkarat karena tidak dipakai. Air yang diam, akan kehilangan kejernihannya dan dalam suhu rendah dia akan beku. Demikian juga dengan ketidakaktifan akan melemahkan pikiran. Maka kita harus merentangkan diri kita sampai batas akhir kemungkinan. Kalau kurang dari itu berarti dosa. Baik pada Tuhan maupun pada manusia.

BACA JUGA : Cinta Yang Bertabur Air Mata Itu Begitu Indah


Itu maksudnya apa? wujudkan potensimu, gunakan fasilitas kekuatan daya yang diberikan oleh Allah 100% semaksimal mungkin. kalau tidak berarti Dosa. kenapa? Allah memberi kita sia-siakan. Allah memberimu mata, memberimu tenaga kekuatan, telinga, semuanya dengan fasilitas dari Allah. manfaatkan semaksimal mungkin untuk kebaikan cita-cita kebenaran cita-cita keindahan yang kamu miliki.

Kalau ada yang ndak kamu gunakan, atau kamu gunakan setengah tengah? katanya Leonardo berarti kamu sedang berdosa. Pertama dosa pada Allah karena menyia-nyiakan anugrahnya, kedua berdosa pada manusia yang lain karena kamu Harusnya bisa memberi manfaat besar, tapi tidak jadi karena kamu males. jadi itu pesannya Leonardo.Terus...

As You Cannot Do What You Want, Want What Wou Can Do"
Kalau engkau tidak bisa melakukan apa yang kau inginkan, maka inginkan lah apa yang bisa kau lakukan. Jadi mimpilah berharaplah cuma yang terukur, yang bisa kau lakukan.
God Sells Us All Thing At The Price Of Labor.
Tuhan itu memberikan pada kita segala sesuatu tapi ada harganya. harganya apa? harganya bekerja. Kalau kamu ingin dapat sesuatu, kalau kamu ingin menghasilkan sesuatu, mewujudkan Sesuatu akan diberikan oleh tuhan tapi tebuslah itu. Itu ada harganya.. harganya apa? kerja... Jadi kerja itu harganya, jangan diam. Makanya kalau dalam Alquran
إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“Innallaha laa yughoyyiru ma biqoumin hatta yughoyyiru maa bi anfusihim“
Artinya: "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Jadi, yang merubah tetap Allah bukan kita. kapan Allah merubah? kalau kita يُغَيِّرُ .. Kalau kita bergerak, berusaha mengubah nanti Allah akan datang mengubah... tapi kalau kita diam saja Allah ngak akan mengubah. Jadi perubahan terjadi karena anugerah Allah. Tapi kapan anugerah Allah datang? kalau kita beraktivitas, kalau kita berusaha bekerja untuk mengubah.

Terus,Nah kalau ini agak spiritual... Once You Have The Flight, You Will Forever Walk The Earth With Your Eyes Turned Skyward. For There you Have Beem, And There You Always Long To Return. Begitu engkau tahu rasanya terbang, selamanya engkau akan berjalan di muka bumi dengan mata menatap langit. karena engkau pernah disana. Dan disanalah engkau akan selalu rindu untuk kembali.

BACA JUGA : Kata Mutiara Nasihat Berharga Dari Kanjeng Ratu Roro Kidol


Ini dimensi spiritual, dimensi rohaniah manusia. Jadi kalau kita pernah mulia, kalau jiwa kita ngerti indahnya dunia level tinggi, maka hidup kita akan berkiblat ke sana. Itu kalau pakai bahasa Sufi.. kalau kita bisa menemukan nikmatnya, asyiknya, dekat dengan yang tinggi-tinggi maka dunia bawah ngak akan ada artinya.

Kalau hanya kenikmatan fisik yang kita kenal, yo kiblat kita akan ke situ-situ saja. tapi kalau kiblat kita lebih tinggi dari itu, lebih dahsyat dari itu, biasanya yaitu yang akan menjadi tumpuan perhatian. Jadi hubungannya dengan mimpi tadi. mimpimu setinggi setinggi Apa itu biasanya sejauh pengalamanmu. Anak kecil yang belum mengalami apa-apa, mimpinya mungkin hal yang rendah. pingin punya mesin yang bisa mengeluarkan permen terus, misalnya... itukan karena dunianya itu......

BACA JUGA : Kumpulan Quotes Indah Imam Syafi'i Tentang Rezki Harta Benda Pemberian Tuhan


Coba lihat Doraimon itu bisa keluar mesin macem-macem. Tapi kan yang diminta yang sesuai kebutuhan anak kecil yang sebesar Doraemon. Coba kalau kamu yang punya Doraemon, wah bahaya... Yang kamu minta pasti yang aneh-aneh. kenapa bisa beda?

level dunia yang pernah kamu alami, dunia idealmu hanya selevel itu. Kalau kamu ngerti dunia level sangat tinggi dunia atas, kalau dalam dunia Sufi mungkin ya kalau kamu ngerti indahnya dunia dekat dengan Allah. Mungkin mesinnya Doraemon kamu minta. Aku minta alat yang bisa dekat sama Allah. terus.....

SELANJUTNYA

Mohon Maaf Text Di Bawah Belum Sempet Kami Garap

oke Ya jadi mimpinya orang biasanya sejauh pengalamannya dia kalau dia mengalami dunia level tinggi Maka itu yang akan dia kerja tapi kalau hanya dunia level rendah yang pernah dia alami yang mimpinya dia akan jauh-jauh dari itu itu kayak ceritanya Khalil Gibran tentang perdebatan antara pohon kelapa dan rumput jadi tato ketika rumput ini mengecewakan kelapa ngapain kamu tinggi-tinggi kalau ada angin besar kamu akan roboh patah jatuh Mbok kayak aku ini dibawa saja enak ada angin ada gempa ada anu aman aku enggak robo-robo ngaku cuma kecil terus lentur tapi katanya pohon kelapa ndak kamu di bawah Joe yang bisa kamu lihat hanya kimia kecil sekelilingmu cacah Hai meskipun resikonya ya juga kecil aku tinggi resiko besar tapi aku bisa melihat dunia lebih luas dibandingkan dirimu ya memang beresiko mungkin ada angin ada gempa Ada apa aku akan roboh mati tapi aku sudah tahu dunia yang lebih luas dan lebih indah sementara engkau mungkin umurmu panjang tapi ngerti mu hanya itu-itu saja itu kamu cari diriku punya file Gibran ada oke terus nah ini kamu ingat-ingat ya tipuan paling besar yang dialami oleh manusia itu bukan karena ditipu orang lain tapi karena ditipu oleh pandangannya sendiri Hai banyak orang yang tertipu terjebak oleh pandangan yang sendiri biasanya kecenderungannya orang itu Kalau merasa menemukan kebenaran merasa cocok dengan satu pandangan terus dia berhenti disitu ia tidak sadar bahwa pandangan kebenaran yang dia temukan itu ada kontaknya ada ruangnya ada waktunya mungkin tidak selamanya benar atau tidak di semua tempat benar Hai tapi banyak orang yang menganggap pandangannya selalu benar kapanpun dan dimanapun grup akhirnya apa dia tertipu Oleh pandangannya sendiri jadi Al Hidupnya akan susah karena pandangannya sendiri Coba kamu cek ya dalam hidup mungkin kebenaran-kebenaran wawasan wawasan pemahaman-pemahaman yang kamu miliki jangan-jangan itu yang membuat hidupmu susah jadi kamu tertipu Oleh pandanganmu sendiri tentang kebenaran Mungkin kamu menganggap Aini benar tapi terus situasi berubah sehingga enggak relevan tapi tamu tetap mempertahankan air di karena kamu anggap sekali benar tetap benar kapanpun dan dimanapun akhirnya hidupmu susah Hai hendaknya Bung dengan kenyataan cek di tipuan paling besar yang diderita manusia adalah dari pandangannya sendiri maka sering-sering istighfar kamu ternyata yang banyak menyusahkan mu itu tidak dari luar dirimu tapi dirimu sendiri engkau sendiri yang menyerahkan dirimu sendiri maka hati-hatilah dengan pandanganmu perspektif mu pemahamanmu [Musik] Hai terus Pengalaman adalah penuntun terbaik dibandingkan kata orang secanggih Apapun kata orang dia akan kalah oleh pengalaman puluhan orang bilang warum dihitung dari enak begitu kamu ke sana Draco enak yang kamu percaya kan pengalamanmu dan bukan kata-kata banyak orang tadi ilustrasinya begitu Jadi Pengalaman adalah penuntun terbaik dibandingkan kata orang uh benefit daughter of experience kebijaksanaan adalah anak dari pengalaman ndak usah tanya bapak nya siapa ya Bapaknya Yudi Wibowo yang punya akal pikiran dan pengalaman anaknya namanya kebijaksanaan C Baik saya akhiri sekian gajian malam hari ini kurang lebihnya mohon maaf walah Wafiq Falah walabi swap Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh [Musik]
Nara Sumber: Ngaji Filsafat | Oleh : Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag. | Program Studi : Aqidah dan Filsafat Islam | Fakultas : Ushuluddin dan Pemikiran Islam | Thanks To : mjscolombo.com | MJS Chanel

Anda mungkin menyukai postingan ini