No image

Ingatlah, sesulit apapun hidup Allah tidak pernah meninggalkan kita

 "Keajaiban yang sangat mengherankan adalah ketika seseorang lari dari apa yang tak akan terlepas pada dirinya dan sibuk mencari apa yang tak kekal padanya, sesungguhnya bukan mata kepala yang buta melainkan buta mata hati nya".

Segala apa yang ada didunia ini akan pergi, dari tiada menjadi ada dan akan kembali tiada. Harta bisa habis keluarga bisa berpisah bahkan bayangan kita pun akan pergi disaat gelap meninggi. Dari ada menjadi tiada, dari sedikit menjadi banyak dan akhirnya akan sirna. 

Ketahuilah bahwa segala apa yg ada di alam ini yang mengikuti kita ataupun apa yang kita pelihara sejatinya tak ada yang kekal. 

Hanya satu yang tak akan pergi menjauh dari kita yaitu Allah Subhanahu WA Ta'ala. Selain Allah tak ada lagi yang kekal, yang pada akhirnya apa apa yang kita punya sekuat apapun kita menjaganya sekuat apa kita menahannya tetap akan pergi. Kenikmatan dunia, kekayaan, pangkat, anak,, istri, suami, status sosial, hewan kesayangan bahkan nyawa yg ada di badan kita akan pergi. 

Dunia ini ibarat air hujan yang turun dari langit yang menyuburkan tanaman di permukaan bumi dan setelah tumbuh kemudian mengering karena Allah juga menurunkan angin ke bumi untuk mengambil kembali kepunyaannya. 

"Dan telah kami tetapkan peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran terakhir) kembalilah ia ke bentuk tandan yang tua".
Qs. Yasin :39

Memang berat ketika kita kehilangan sesuatu atau seseorang, ada kalanya kita merasa kan beban yang begitu berat, berada pada titik jenuh,merasa sendiri dan hampa. Bahkan ada kalanya kita merasa tak dihargai, terpuruk, segalanya gagal dan putus asa, tak seorang pun bisa menolong kita. Kita merasa terhempas ke dasari lembah yang paling dalam serasa hidup tak berguna dan memilih mati adalah cara terbaik. 

Ingatlah ketika kita merasakan semua kesedihan diatas jangan pernah berburuk sangka kepada Allah.Tugas kita adalah ber pasrah diri kepadaNya setelah segala usaha dan ikhtiar yang kita lakukan. Pasrahkan semuanya kepadaAllah. Jangan pernah menjauh dari kasih sayang Nya. 

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar".(Qs.Al Baqarah:155) 

Lihatlah dengan mata hati  jangan melihat hanya dengan zahir nya saja. Kita tidak pernah tau apa yang ada di balik kehilangan dan semua masalah kita. Setidaknya ketika kita susah  ketika kita terpuruk tetap lah mendekat kepada Allah jangan biarkan diri kita jauh dari Nya. Jangan pernah lari dari kenyataan bahwa Allah lah yang menggenggam kehidupan semua makhluk yang ada di bumi ini. 

Hanya Allah yang tidak akan pergi dari kita dalam kondisi apapun. Kasih dan sayang nya tak pernah jauh dari kita sampai kapanpun. Bahkan pada orang kafir atau kepada kita yang sering bermaksiat kepadaNya. 

Sesungguhnya dunia ini ada tempat ujian bagi kita manusia. Kita akan selalu merasa lelah dengan berbagai macam masalah yang datang. Kita akan selalu merasa jenuh  dengan segala persoalan hidup. Tapi yakinlah apapun masalah kita ada Allah yang tak kan pernah meninggalkan hamba Nya. 

LA TAHZAN INNALLAHA MA ANA

03 juni 2021
Oleh Meilinda Harahap


Anda mungkin menyukai postingan ini