Tiap Orang Punya Masa Lalu Yang Berbeda

Tiap Orang Punya Masa Lalu Yang Berbeda

Tiap Orang Punya Masa Lalu Yang Berbeda - Jangan lah sesekali memandang orang itu dari masa lalunya, namun lihatlah bagaimana keadaan nya sekarang. Karena kamu tak pernah tau seberapa besar usahanya untuk berubah menjadi baik. Semua pasti ada waktu untuk berubah. Semua orang pasti punya dua sisi dalam menjalani kehidupan nya. Namun satu hal yang pasti, kita tak kan mungkin menghilangkan masalalu kita yang kelam, namum kita bisa merubahnya dan menjadikannya masa depan yang lebih baik lagi.

Tiap Orang Punya Masa Lalu Yang Berbeda

Banyak dari kita yang mempunyai masalalu yang buruk, yang jauh dari Allah, jauh dari hidayah. Bahkan tenggelam dalam kehidupan maksiat yang menipu. Hidup dengan segala kenikmatan semu yang sebenarnya merusak hidup sendiri. Namun alangkah bijak bila kita tidak lagi mengungkit lagi kisah silam tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana keadaan kita sekarang ketika hidayah menghampiri.

Bantulah orang lain dengan menutupi masa kelam nya

Terlebih ketika kita tau ada seseorang yang tengah berproses untuk menuju baik dengan melupakan masalalunya, maka bantulah ia. Jangan pernah mengingat tentang masa kelam nya, jangan buka lagi aib yang ingin dilupakan nya. Hargai dan hormati pilihan hijrahnya dengan membantu dia menjaga semua aibnya. Seberapa keras hidupnya dahulu, seberapa jahatnya ia dahulu, bantu ia melupakan nya.

Jangan bertanya-tanya lagi perihal masalalu seseorang

Sebagai seorang yang tau dengan keadaan orang lain pada masa dulu nya, ketika dia berubah baik jangan pernah lagi menanyakan hal yang terjadi dahulu. Terlebih jangan sampai menyebarkan aibnya hingga diketahui oleh orang lain. Jika dalam masa berproses dia mendapatkan hambatan maka sudah sewajarnya jika kita membantu dan mengingat kan nya agar selalu istiqomah menjemput hidayah nya.

Jadilah penyemangat buat orang lain yang ingin berubah menjadi baik

Sebagai seorang yang menerima proses berubah nya seseorang maka kita bisa jadi penyemangat buat orang tersebut. Agar dia bisa lebih percaya diri untuk berubah lebih baik lagi kedepannya. Memberikan semangat pantang menyerah dan menguatkan nya dengan mengatakan "kamu pasti akan mampu melewati masa masa sulit dalam menempuh jalan yang lebih baik" Sebagai orang yang tau niat baik seseorang ingin menjadi baik alangkah baik jika kita membantu menjadi penyemangat nya. Bantu dengan berbagai motivasi baik dan senantiasa berdoa agar dia tetap berada di jalan yang baik.

Hargai niat baiknya untuk menjadi manusia yang baik kedepannya

Menghargai perubahan seseorang menjadi baik dan melupakan kesalahan masa lalunya adalah bentuk dari dukungan kita kepada nya. Jadilah orang yang memberikan dukungan kepada nya untuk bangkit dari keterpurukan masa lalunya. Dan jangan pernah penasaran lagi dengan apa yang pernah terjadi dimasa yang sudah lewat.Akan sangat baik jika yang kita ingat adalah dia hidup untuk masa depan nya. Ikhlas membantu nya memperbaiki diri dan jadilah penguat jalan Istiqomah nya.

Semua manusia pernah berbuat salah, namun yang paling baik dari yang berbuat salah adalah yang mau bertaubat. Hr. Tirmidzi 

"Tiap-tiap kita adalah sama, tersusun dari banyak lembaran-lembaran buku. Setiap lembar nya mempunyai kisahnya sendiri. Baik itu kisah indah maupun kisah buruk. Semuanya sama, tidak hidup langsung baik seperti malaikat"

Anda mungkin menyukai postingan ini