Sejarah Dibalik Angkernya Tanjakan Trowelo Gembong Pati (Tempat Angker)

tanjakan trowelo gembong pati, tanjakan trowelo adalah tempat angker, tanjakan trowelo,alas lamin pati, mitos kota pati, makam lastri juwana,

Sejarah Didalik Angkernya Tanjakan Trowelo Gembong Pati - Tanjakan Trowelo merupakan salah satu tempat angker di pati. Tanjakan menikung ini berada di jalan Raya Pati-Gembong desa Wonosekar Kecamatan Gembong. Lokasinya sekitar satu kilometer dari sebelah timur laut SMPN 1 Gembong.

Sejarah Didalik Angkernya Tanjakan Trowelo Gembong Pati (Tempat Angker Di Pati)

Di sisi sebelah utara tanjakan Trowelo ini, terdapat pohon beringin yang diyakini sudah berusia ratusan tahun. Konon, pohon ini merupakan tempat bersarangnya para makhluk halus yang terkadang mengganggu pengendara yang melintas hingga mengalami kecelakaan.

Pohon beringin angker di tanjakan Trowelo Gembong banyak diceritakan orang-orang dan banyak di liput media setempat, Diceritakan katanya di pohon beringin itu banyak hantu. Ada yang mengaku pernah lihat wujud pocong tergantung di pohon itu.

Dari cerita masyarakat sekitar, meyakini adanya sosok tak kasat mata mendiami pohon banyak arwah-arwah yang menjadi penunggu di tanjakan trowelo.

Di Tanjakan Trowelo banyak kejadiaan kecelakaan bahkan sering memakan korban. Dari cerita=cerita ini sehingga menambah mistis di kawasan tersebut. Dari keterangan warga setempat sering terjadi kejadian yang di luar nalar.

Kejadiaan yang tidak masuk akal yang pernah terjadi, diantaranya pernah ada angkutan umum yang berasal dari semarang yang di sarter empat sosok makhluk halus yang menjelma menjadi penumpang meminta intuk di antarkan di kawasan trowelo.

Saat sudah sampai lokasi tiba-tiba penumpang yang berjumlah empat orang itu hilang seketika tanpa jejak. Mengalami kejadian ini sopir angkutan histeris dan meminta bantuan warga. Dari cerita mistis itu di tambah kejadiaan kecelakaan pengguna jalan yang sering memakan korban msks masyarakat sekitar meyakini bahwa terdapat sosok tak kasat mata seperti arwah-arwah penunggu di tanjakan trowelo.

Namun ternyata di balik keangkeran tanjakan trowelo di kecamatan Gembong ini mempunyai sebuah sejarah. Dulunya tempat ini menjadi tempat pengintaian para tentara untuk melawan penjajah Belanda. Disinyalir, sebab itulah kemudian tikungan itu dinamakan misteri tanjakan Trowelo dari bahasa jawa cetho welo-welo yang artinya ”terlihat sangat jelas”.

Lokasi ini merupakan bagian dari medan tempur para pejuang dalam menghadapi agresi militer Belanda pascaproklamasi kemerdekaan Indonesia. Lokasi tersebut menjadi saksi perjuangan para gerilyawan dalam menghadapi agresi militer ke dua Belanda pada 1948-1949.

Menurut Bowo, Trowelo merupakan lokasi di mana Kapten Ali Mahmudi tewas. Kapten Ali Mahmudi adalah pemimpin pasukan gerilya di wilayah Pegunungan Muria. Hal ini juga pernah disampaikan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia Pati Untung Joko Suratno dalam prosesi taptu di halaman Gedung Juang Pati.

Trowelo merupakan jalan utama tentara gerilya yang dikenal dengan pasukan macan putih untuk menuju markas komando muria. Hal tersebut diungkapkan oleh pria yang akrab disapa Mbah Bowo ini saat ditemui di kediamannya di Winong, Kecamatan Pati

Cerita yang sama juga diungkapkan oleh warga setempat yang bernama Sarni dari Desa Ngembes Kecamatan Gembong. Nenek lanjut usia ini merupakan salah satu saksi sejarah. Konon menurut cerita jaman dulu di jaman penjajahan belanda ada Tentara Jawa melakukan pengintaian di Trowelo.

Saat penjajah datang, mereka langsung disergap serta dibunuh secara bersama. Para tentara belanda yang tewas pada kejadian tersebut di makamkan di sekitar 500-an meter keselatan dari tanjakan trowelo.

Dari kisah dan sejarah tadi, maka tidak heran jika Jalan menikung yang berada di Desa wonosekar Kecamatan Gembong pati di yakini angker di tambah kisah-kisah mistis yang sering terjadi menambah kental suasana angkernya.

TAG : alas lamin pati,mitos kota pati,makam lastri juwana,kisah mistis rsk tayu,cerita horor jawa,kretek genderuwo,tanjakan trowelo gembong pati,tanjakan trowelo adalah tempat angker,tanjakan trowelo,makam lastri juwana,mitos kota pati,kretek genderuwo,cerita horor jawa,

Halaman web saya ceramah-ustadz.my.id juga berkontribusi di pakpandir.com dan kompasiana sejak 2021

Posting Komentar