8 Jenis Itik Penghasil Telur Unggul Pilihan Peternak

Beberapa Jenis Bebek Petelur Unggul –Berikut Berbagai jenis bebek yang cocok digunakan untuk petelur atau pedaging atau bisa digunakan dalam 2 keperluan sekaligus. Memang ada beberapa bebek yang bisa digunakan sebagai petelur sekaligus pedaging. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan jenis bebek petelur.

Jenis Itik Penghasil Telur Unggul Pilihan Peternak

Jenis Bebek Petelur yang potensial untuk dipelihara

1. Bebek Mojosari

Bebek Mojosari termasuk bebek petelur unggul yang berasal dari daerah Mojosari di Jawa Timur. Bentuk badan bebek mojosari termasuk kecil namun mempunyai bentuk telur yang besar. Produktivitas bebek mojosari termasuk tinggi. Jika dipelihara dengan cara tradisional saja sudah bisa menghasilkan 220 – 250 butir/ ekor/ tahun.

Bebek mojosari mulai bertelur pada umur 6 bulan. Setelah berumur 7 bulan akan mulai stabil produktivitasnya.

2. Bebek Alabio

Bebek Alabio pada mulanya terdapat di kecamatan Alabio di kabupaten Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan. Bebek ini mempunyai keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi hingga mencapai 300 butir/ ekor/ tahun, daya tahan tubuh yang kuat hingga tidak gampang terkena penyakit, cepat besar dan rasa dagingnya yang lezat.

Ukuran telurnya memang lebih kecil dibandingkan dengan bebek jenis lainnya. Untuk itu bebek alabio sering disilangkan dengan jenis bebek lain agar menghasilkan keturunan yang lebih unggul. Contoh hasil persilangan antara bebek betina alabio dan bebek jantan mojosari yaitu bebek hibrida yang diberi nama Raja dan Ratu.

Pos terkait