Cara Memelihara Kucing Merawat Kucing Agar Tetap Sehat

Cara Memelihara Kucing Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat. Cara merawat kucing dengan benar cara memelihara kucing yang baik
Cara Memelihara Kucing Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat. Cara merawat kucing dengan benar cara memelihara kucing yang baik

Cara Memelihara Kucing Merawat Kucing Agar Tetap Sehat – Bagaimana cara merawat kucing dengan baik agar tetap sehat? Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah jawabannya.

  1. Beri kucing makanan yang tepat
  2. Menyediakan air segar untuk kucing untuk di minum
  3. Membersihkan bulu kucing secara teratur,
  4. Menyiapkan rumah kucing
  5. Pastikan memiliki kotak pasir
  6. Sediakan tiang garukan
  7. Membersihkan gigi kucing
  8. Mengunjungi dokter hewan

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer. Kehadiran hewan menggemaskan ini bisa menciptakan suasana baru di rumah. Namun, cara merawat kucing tidak boleh sembarangan.

Bacaan Lainnya

Berikut ini uraian lengkapnya tentang Cara Merawat Kucing dan Memeliharanya dengan Benar agar kucing teteap sehat

1. Beri kucing makanan yang tepat

Cara merawat kucing untuk pemula adalah memahami kebutuhan makan kucing. Berilah kucing makanan yang berkualitas dan bernutrisi.

Sebab, kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial untuk menjaga kesehatan mata maupun jantungnya.

Karena kucing penyuka daging, kamu bisa memberinya daging, ikan, atau ayam. Kamu juga dapat memberikan makanan kucing basah atau kering yang banyak dijual di pet shop atau toko perlengkapan hewan.

Namun, hindari memberinya cokelat, anggur, kismis, bawang merah, bawang putih, kacang macadamia, alkohol, atau xylitol, karena bisa beracun bagi kucing.

2. Menyediakan air segar untuk minum

Kamu juga harus menyediakan air bersih dan segar untuk minum kucing. Pastikan untuk mencuci dan mengisi ulang wadah minum kucing setiap hari agar terhindar dari kontaminasi kuman.

Jika kucing tidak mau minum dari mangkuk, kamu bisa mencoba memberinya gelas yang tinggi karena sebagian kucing tidak suka membungkuk untuk minum.

3. Menyikat bulu kucing secara teratur

Cara merawat kucing selanjutnya adalah menyikat bulu secara teratur. Hal ini dapat membantu menjaga bulu kucing tetap bersih, mengurangi kerontokan, sekaligus menghilangkan bulu-bulunya yang rusak.

Cara mengurus kucing ini dapat dilakukan dengan menyikat bulunya menggunakan sisir secara lembut.

Menyikat bulu kucing secara teratur juga membantu kamu untuk memperhatikan adanya perubahan pada tubuh kucing, seperti timbul benjolan atau bintik-bintik, yang mungkin perlu diperiksakan ke dokter hewan.

4. Menyiapkan rumah kucing

Kucing sebaiknya memiliki tempat khusus untuk tidur dan beristirahat. Nah, kamu bisa menyiapkan rumah kucing untuknya.

Alas tidur kucing dapat dilapisi selimut yang lembut dan hangat. Namun, pastikan kamu membersihkan tempat tinggal kucing secara teratur agar terhindar dari kuman.

5. Pastikan memiliki kotak pasir

Kucing membutuhkan kotak pasir sebagai toilet. Pastikan menempatkannya pada lokasi yang tenang dan mudah dijangkau.

Hindari memindah-mindahkan kotak, kecuali jika benar-benar diperlukan.Kucing enggan menggunakan kotak pasir yang kotor dan bau.

Jadi, buanglah kotoran dari kotak pasir tersebut setidaknya sekali sehari. Selain itu, dalam merawat kucing rumah, cucilah kotak kotoran menggunakan deterjen, dan isi ulang pasir sekitar seminggu sekali agar kebersihannya terjaga.

Perhatikan perubahan kebiasaan buang air kecil pada kucing. Sebab, bisa jadi kucing mengalami infeksi saluran kemih atau masalah medis lainnya.

6. Melatih kucing menggaruk tiang garukan

Umumnya, kucing suka mencakar sofa atau karpet. Hal ini bisa membuat barang-barang tersebut rusak. Oleh sebab itu, kamu harus melatihnya menggaruk scratching post atau tiang garukan.

Selain mencegah kerusakan, hal ini juga dapat membantu kucing meregangkan otot-otot dan menjaga cakarnya dalam kondisi prima.

7. Membersihkan gigi kucing

Cara memelihara kucing selanjutnya adalah membersihkan gigi secara teratur. Sama halnya dengan manusia, kucing bisa memiliki karang gigi yang bisa menyebabkan kerusakan gigi bahkan penyakit gusi.

Bakteri yang terkumpul di gigi kucing dapat memasuki aliran darah sehingga memicu penyakit lainnya.

Namun, menyikat gigi kucing terkadang bukan hal yang mudah karena hewan menggemaskan itu mungkin tidak bisa diam.

Jadi, untuk menjaga gigi kucing tetap bersih, kamu bisa menjadwalkan pembersihan ke dokter hewan setidaknya setahun sekali.

8. Mengunjungi dokter hewan

Perawatan kucing yang tepat tentunya melibatkan kunjungan ke dokter hewan secara rutin. Kunjungan ini dapat membantu mendeteksi penyakit yang ada pada kucing sedini mungkin, memberikan vaksin, membersihkan gigi kucing, atau melakukan sterilisasi.

Dokter hewan juga akan memberi tahu berapa berat badan kucing dan apakah berada dalam kisaran yang sehat atau tidak. Kamu bisa berkonsultasi dengan mereka jika ada hal yang tak dimengerti mengenai kondisi kucingmu.

Itulah beberapa cara merawat kucing yang benar dengan diskripsi “Cara Memelihara Kucing Merawat Kucing Agar Tetap Sehat. Cara merawat kucing dengan benar cara memelihara kucing yang baik”. Artikel ini saya tulis untuk pakpandir.com dari saya admin ceramah-ustadz.my.id. Kunjungi juga situs portal islami saya yang beralamat di ceramah-ustadz.my.id

source : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Pos terkait