Cara Ternak Rusa Budidaya Kijang Dan Rusa

Cara ternak rusa budidaya kijang dan rusa. Panduan cara beternak rusa budidaya rusa ternak kijang budidaya kijang dan rusa
Cara ternak rusa budidaya kijang dan rusa. Panduan cara beternak rusa budidaya rusa ternak kijang budidaya kijang dan rusa

Cara Ternak Rusa Budidaya Kijang Dan Rusa – merupakan jenis ternak yang mempunyai potensi ekonomi tinggi, karena hampir seluruh bagian tubuh bisa dimanfaatkan, antara lain daging sebagai sumber protein, tanduk muda sebagai bahan baku obat tradisional, tanduk tuasebagai bahan industri, kulit sebagai bahan baku industri penyamakan kulit. Hal inilah yang dicari oleh para konsumen tingkat menengah ke atas dimasa kini.

Pada postingan kali ini kami akan berbagi informasi tentang Cara Beternak dan Penangkaran Rusa Sebagai Ternak Alternatif. Diartikel ini juga akan di jelaskan secara rinci mulai dari mengenal jenis rusa, cara membuat kandang rusa dan sebagainya. Berikut rincian tehnik lengkap cara budidaya Kijang Dan Rusa pada artikel ini.

Bacaan Lainnya

Mengenal Jenis Rusa

  1. Jenis Rusa Yang Cocok Diternak
  2. Sistem Perkawinan Ternak Rusa
  3. Manajemen dan Penangkaran Ternak Rusa

Cara Membuat Kandang Rusa

  1. Cara Membuat Kandang pembiakan Rusa
  2. Cara Membuat Kandang individu dan penelitian Rusa
  3. Cara Membuat Kandang transit
  4. Cara Membuat Kandang Pembesaran Rusa
  5. Cara Membuat Kandang pedok atau mini ranch pemeliharaan terbuka

Cara Membuat Gudang Pakan

  1. Areal pengembangan pakan
  2. Cara Membuat Tempat Makan Rusa
  3. Cara Membuat Tempat Tempat Minum Rusa
  4. Cara Membuat Jalan kontrol
  5. Cara Membuat Saluran air Kandang Rusa
  6. Cara Membuat Gudang peralatan peternakan rusa

Teknik Pemeliharaan Ternak Rusa

  1. Pemeliharaan Pagar dan Kandang
  2. Pemeliharaan Pakan
  3. Teknik Pemberian Pakan
  4. Pemanfaatan Ternak Rusa
  5. pemanfaatan Daging dam Pemanfaatan lainnya
Cara Ternak Rusa Budidaya Kijang Dan Rusa
Cara Ternak Rusa Budidaya Kijang Dan Rusa

Cara Ternak Rusa Budidaya Kijang Dan Rusa

Sebelumnya mari mengenal jenis rusa. Silakan di baca sampai habis jangan lupa siapkan susu atau hot coklat untuk menemani anda membaca postingan ini. Karena pembahasan kita kali ini lumayan panjang. Langsung saja berikut cara berternak kijang dan rusa.

Mengenal Jenis Rusa

Jenis rusa yang asli Indonesia ini, bersama anggota genus Muntiacus lainnya, dipercaya sebagai jenis rusa tertua. Kijang berasal dari Dunia Lama dan telah ada sejak 15 – 35 juta tahun yang silam.

Rusa jantan mempunyai ranggah (tanduk) yang pendek, tidak melebihi setengah dari panjang kepala dan bercabang dua serta gigi taring yang keluar. Kijang atau menjangan (Muntiacus muntjak) merupakan binatang soliter.

Kijang jantan menandai wilayahnya dengan menggosokkan kelenjar frontal preorbital yang terdapat di kepala mereka di tanah dan pepohonan. Selain itu kijang jantan juga menggoreskan kuku ke tanah atau menggores kulit pohon dengan gigi sebagai penanda kawasan.

Pos terkait