Jalan Menuju Ibadah Sejati Lahir Batin

Selalu hati-hati dari sifat buruk yang menyusuf-Terus bagian akhir dari kitab SIRRUL ASRAR itu,SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI mengingatkan.

Jalan Menuju Ibadah Sejati Lahir Batin

Ati-ati dari sifat buruk yang menyusuf. Kalau kita sudah menjadi orang baik,sering-sering ada penyusuf. Penyusufnya itu apa? Sifat buruk yang sering kita ngak sadar.

Orang baik yang di susupi sifat buruk, ya karakternya menjadi orang buruk. Dan itu menurut Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Contoh Hadistnya banyak.

Misalnya:Nafs Itu Merusak Keimanan Sebagaimana Cukak Merusak Madu Jadi ati-ati ya orang beriman,Ojo nesunan Ojo Ngamuk-an. Kalau kamu ngamuk-an, imanmu rusak.

Beragama dengan marah-marah itu merusak iman sebagaimana cukak merusak madu. Ini hadist populer sebenarnya cuma kita jarang merenung,jarang tafakur. Jangan-jangan, kita golongan orang beragama yang Ngamuk-an? bearti kalau kamu Ngamuk-an, yo bearti imanmu rusak.

Kayak madu yang dirusak oleh cuka. Ada lagi contohnya,ini hafalan dari jaman Tsanawiyah dulu.

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ ». أَوْ قَالَ « الْعُشْبَ »
“Hati-hatilah kalian dari hasad, karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar atau semak belukar (rumput kering)“.

Hasad itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu. Hasad itu seneng melihat orang lain sumpek dan sumpek melihat orang lain seneng.(Itu namanya hasad) Kalau kamu hasad kebaikan habis terbakar.

Ada lagi GHIBAH, Ghibah itu, ngomongin orang lain mengunjing yang setiap hari kita lakukan di facebook di WA.

الْغِيبَةُ أَشَدُّ مِنَ الزِّنَا . قِيلَ: وَكَيْفَ؟ قَالَ: الرَّجُلُ يَزْنِي ثُمَّ يَتُوبُ، فَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِ، وَإِنَّ صَاحِبَ الْغِيبَةِ لَا يُغْفَرُ لَهُ حَتَّى يَغْفِرَ لَهُ صَاحِبُهُ
Ghibah itu lebih berat dari zina.’” Seorang sahabat bertanya, ‘Bagaimana bisa?’ Rasulullah SAW menjelaskan, ‘Seorang laki-laki yang berzina lalu bertobat, maka Allah bisa langsung menerima tobatnya. Namun pelaku ghibah tidak akan diampuni sampai dimaafkan oleh orang yang dighibahnya,’” (HR At-Thabrani) Itu

الْغِيبَةُ أَشَدُّ مِنَ الزِّنَا Lebih buruk dari pada zina.“Tapi jangan di balik,ya..Ah,Dari pada Ghibah zina aja lah…”(Mikirmu pasti Gitu).Ati-ati jangan ghibah. Ini kalau di Sirrur Asrar, di bawah ada. kalau mau ngejar sanadnya ada rangkaian sanadnya.

Ada lagi FITNAH. Fitnah itu sesuatu yang tertidur dan Allah melaknat siapa yang membangunkanya. Siapa yang suka fitnah, bikin berita hoax bearti allah akan melaknatnya.

BAKHIL. Bakhil itu tidak akan masuk surga meskipun ia Abib atau Zahid. Ada lagi Riya. Riya itu, Syirik Khofi sirik tersamar.

Pos terkait