Pengertian Dan Hakikat Tasawuf, Tips Sebelum Ibadah

Mewujutkan Tasawwuf– Rumus untuk menuju ibadah lahir batin selanjutnya adalah mewujudkan tassawuf. Setelah meraih cinta ilahiyah yang kami postingkan kemarin, pada kesempatan kali ini kami postingkan kelanjutanya. Masih dalam tema yang sama, iaitu tentang ibadah lahir batin. Sekarang Mewujutkan Tasawwuf

Pengertian Dan Hakikat Tasawuf, Tips Sebelum Ibadah

Di bawah ini adalah penjalasanya yang dibawakan oleh guru kita, Bpk.Dr Fahrudin Faiz. Tentang Salah Satu Rumus Sebelum Ibadah Lahir Batin Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, dan smoga dapat menambah wawasan ilmu yang bermanfaat yang bisa membawa hidup kita selangkah lebih dekat menuju Allah SWT.

Mewujutkan Tasawwuf, Salah Satu Rumus Menuju Ibadah Level Lahir Dan Batin

Setelah itu rumusya apa untuk ibadah? Wujudkan tasawwuf untuk menggarap batinnya.[Ini juga ada di sirrur asrar]. Tasawuf itu apa? Tasawuf itu kan dari empat huruf [ Ta, Shod,Wawu,Fa]

[ Ta] nya itu taubat. Perbaikan diri dilevel apapun awalnya harus taubat. Taubat itu menyesali kesalahan yang lama kemudin membangun diri dengan perbuatan-perbutan yang baik, itu taubat [harus taubat dulu].

Kalau merasa bener terus, orang yang selalu merasa benar itu biasanya berat kalau di suruh untuk taubat. Dia merasa sudah full, wis apik, wis bener, ngak mungkin salah. Bearti wong yang merasa paling bener ya ngak mungkin taubat sudah.

Maka, katanya Syekh Abdul Qodir Al Jailani, levelnya pertama mau melakukan apapun yang baik syaratnya harus taubat [Bersihkan diri dulu]. Karena ibaratnya kayak air, kalau campur sama kotor hasilnya mesti kotor.

Entah airnya dulu apa kotoranya dulu seperti apapun situasinya, maka harus bersih!.. Air kotor di isi apapun ya setatusnya tetep kotor, harus di bersihkan dulu. Maka taubat yang pertama-tama setelah itu Shofa.

Shofa itu kesucian ketentraman kebahagiaan. Syaratnya untuk shofa, syaratnya untuk suci adalah, untuk tenang adalah, untuk tentram adalah bebas dari keterikatan dunia. Yang bikin kamu hari ini cemas, sumpek, galau ngak konsentrasi, ngak bisa jatuh cinta sama Allah, hidupmu ngak jelas ke utara ke selatan pasti urusan dunia.

Begitu dunia kamu letakkan di rengking bawah hidupmu mungkin lebih santai, lebih tentram, lebih tenang. Cuma, kenapa kok kamu gampang galau, gampang cemas hari ini? Kemungkinan besar dunia levelnya atas dalam hidupmu. Jadi yang ke dua shofa.

Pos terkait