Penyebab gagalnya budi daya ikan lele

Penyebab gagalnya budi daya ikan lele. silakan baca selengkapnya agar budidaya lele untung banyak agar tau gagalnya budi daya ikan lele
Penyebab gagalnya budi daya ikan lele. silakan baca selengkapnya agar budidaya lele untung banyak agar tau gagalnya budi daya ikan lele

Penyebab gagalnya budi daya ikan lele – Budi daya lele merupakan salah satu peluang usaha yang banyak dijalankan orang di indonesia.

Menjalankan usaha budi daya lele sebenarnya tidaklah sulit. meskipun demikian tetap dibutuhkan pemahaman yang benar dalam budi daya lele agar memberikan keuntungan.

Bacaan Lainnya

Dalam Budi daya ikan lele masih banyak yang bingung ataupun gagal karena ternak lele yang dijalankan tidak menghasilkan atau bahkan membuat malah rugi. Berikut 6 hal yang membuat usaha ternak lele menjadi gagal.

Lokasi kolam yang kurang tepat

Tak banyak pengusaha ternak lele pemula yang menyadari bahwa lokasi kolam sangat berpengaruhi terhadap perkembangan ikan lele. Misalnya lokasi tersebut bebas banjir, bebas dari suara bising dan lahan tidak terbatas.

Kesalahan pengelolaan air

Kesalahan pengelolaan air akan membuat ikan lele mengalami stres yang berdampak pada hilangnya nafsu makan. Jika pH air kolam tidak stabil, akan sangat fatal, yakni kematian.

Hindari penggunaan air PDAM karena berdampak buruk pada kesehatan ikan lele. Air PDAM mengandung kaporit yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme

Salah pilih benih lele

Pemilihan benih lele pun sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Semakin baik kualitas benih ikan lele maka semakin tinggi pula persentase keberhasilan.

Sebaliknya, benih ikan lele yang buruk hanya akan menyebabkan peningkatan risiko kegagalan budidaya ternak lele.

Salah memberi pakan

kesalahan pada pemberian pakan pada tahap pembesaran, dampaknya akan sangat besar, yakni kerugian. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pakan ikan lele sesuai dengan jadwal.

Jika lele jarang diberi makan, kesehatan lele akan terganggu dan dapat meningkatkan risiko kematian.

Tidak melakukan filter lele besar dan kecil

Penyebab gagalnya budi daya ikan lele lainya adalah Tidak melakukan filter lele besar dan kecil. Hal ini akan beresiko ikan lele yang lebih kecil untuk dimakan oleh yang lebih besar, karena lele adalah termasuk hewan kanibal.

Minimnya pengetahuan probiotik, vitamin dan obat

Dalam dunia pertanian dan peternakan probiotik dan vitamin merupakan salah satu hal penting untuk menjaga lingkungan air dan ikan agar selalu sehat. Maka mencari pengetahuan tentang probiotik, vitamin dan obatan sangat di butuhkan agar budi daya ikan lele tidak gagal.

Demikian tadi artikel tentang budi daya ikan lele dengan judul Penyebab gagalnya budi daya ikan lele, smoga bermanfaat

source : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Pos terkait