Tentang Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, Penolong Besar

Hari ini kita ketemu beliau, Syekh Abdul Qodir Al Jaelani. Sufi yang sangat populer di indonesia, kususnya di anak benua India. Mungkin temen-temen yang di kampung-kampung, mungkin sampai hari ini ada tradisi manaqibatau manaqib-an. Manaqib itu, membaca riwayat hidupnya beliau, ” Syekh Abdul Qodir Al Jaelani” .

Tentang Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, Penolong Besar

Sebenarnya masuknya Syekh Abdul Qodir Al Jaelani lewat Tarekatnya, namanya Tarekat Qodiriyah. Tapi uniknya di indonesia itu, manaqib an ngak cuma untuk ahli Tarekat Qodiriyah. Biasanya di kampung-kampung oleh kiyainya semua ikut.

Meskipun hari ini banyak yang nyinyir terhadap manaqib. Ada yang bilang, bida’ah lah.. banyak kurofatnya lah..[Macem-Macem] Biarlah yang nginyir dengan kenyiyiran-nya kalau di bantah yo mundak gegeran..

Manaqib itu kan dari kata naqoba,kata “manaqib” adalah jama’ dari lafadz “manqibun” yang merupakan isim makan dari lafadz “naqoba”.Dalam Al-Qur’an lafadz “naqaba” disebut tiga kali dalam berbagai bentuknya, yaitu “naqaba,naqban”, dan “naqiba”.

Naqoba/Manaqib itu cerita tentang kebaikan atau kesalehan seseorang. Jadi manaqib itu hanya untuk orang-orang baik. Ngak mungkin ada manaqib Abu jahal, ngk mungkin ada manaqib Hilter.[itu ngak ada]Di baca ya ngak apa-apa, dari riwayat beliau kita banyak mengambil ibroh [pelajaran].

Meskipun Nanti, ada yang bilang ” Mboh ya ngaji aja.. baca quran,baca hadist…” Sudah,Mereka sudah.. Yo ngaji iya, ya baca quran iya.. Kan, ngak apa-apa?! Yang melarang juga biasanya males ngaji males baca hadist. Sudah, mereka sudah…

Syekh Abdul Qodir Al Jaelani ini di kenal punya gelar Muhyiddin, al Ghauts al Adham dan Sultan al Auliya. Ghauts Adham itu penolong besar. Kenapa? karena ajaran-ajaranya membuat banyak orang sadar terus selamat di akhirat.

Akhirat itu kan urusan besar, kalau urusan dunia aja kita sangat berterima kasih apalagi akhirat, Makanya dia di kenal Ghauts al Adham. Ghauts itu kan jenis wali ringking dua dibawah kutub. Jadi beliau wali besar.

Dan beliau Syekh Abdul Qodir Al Jaelani ini, opo yo..? Mungkin kalau di Indonesia di sebut Habib, kali ya..?! Karena ayahnya keturunan hasan, ibunya keturunana Husein. Jadi dua jalur bertemu dia termasuk Husainiyin dan Hasaniyin.

Pos terkait