Tidak bisa memilih takdir tetapi diberikan pilihan hidup

Tidak satupun manusia bisa memilih takdir, tetapi manusia diberikan pilihan hidup. Baca selengkapnya tentang takdir dan pilihan hidup
Tidak satupun manusia bisa memilih takdir, tetapi manusia diberikan pilihan hidup. Baca selengkapnya tentang takdir dan pilihan hidup

Pandir.com – Tidak satupun manusia bisa memilih takdir, tetapi manusia diberikan pilihan hidup | Manusia adalah makhluk unik yang hidup di bumi yang dipenuhi dengan hal-hal yang unik pula. Manusia satu dengan yang lain nya tidak ada yang sama bahkan tak satupun manusia yang bisa memprediksi jalan hidup yang akan dilaluinya. Namun semua hal yang terjadi pada diri manusia tersebut adalah pilihan manusia itu sendiri. Menjadi manusia yang baik atau sebaliknya.

Layak nya kita yang tidak tau akan lahir dari rahim wanita mana, dari agama apa,dari suku dan bangsa apa. Tak satupun manusia yang tau karena kita tidak akan bisa memilih nya.

Bacaan Lainnya

Biasanya hal tersebut dikatakan sebagai TAKDIR… ya takdir adalah ketetapan hidup yang harus dijalani. Suka atau tidak manusia tidak bisa menolak. Bahkan sebagian takdir adalah ujian bagi kita.Takdir adalah sesuatu yang ghaib dimana kita manusia tidak tau apa yang akan kita hadapi, apa yang kita dapat kan, apa yang kita jalani. Ada banyak orang yang mempertanyakan tentang takdir ini. Tapi ketika semakin dicari manusia akan semakin tak mengerti. Dan ini memperlihatkan betapa manusia itu sama sekali tak mengerti akan apapun tentang rencana Allah.

Takdir bukanlah urusan manusia, tetapi mutlak urusan Allah. Manusia hanya bisa menjalaninya karena takdir adalah jalan hidup yang sudah ditentukan.Namun ada saja manusia yang menjadikan takdir sebagai alasan dalam berbuat hal yang bodoh. Mabuk-mabukan, mencuri, narkoba dan akhirnya ditangkap. Dan dengan santai nya mengatakan bahwa itu sudah menjadi takdir nya. Bodoh bukan…!!!

Manusia itu mempunyai pilihan, yang mana ada hukum sebab akibat disana. Misalnya jika kita belajar maka akan menjadi pandai, bila kita bekerja dengan tekun maka kita akan sukses dan bila melakukan kejahatan maka kita akan ditangkap. Ada dua pilihan “MAU” atau “TIDAK”.

Allah berfirman… “Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka” (QS. Al Kahfi: 29).

Satu hal yang perlu dipahami, manusia tidak boleh juga hanya bersandar pada takdir. Seolah-olah jalan hidup nya sudah pasti dan tidak mau berusaha melakukan apapun. Sejatinya manusia itu selalu dihadapkan pada keadaan hidup. Ketika kita melangkah menuju pilihan kita maka takdir akan mengikuti nya. Usaha dan kerja keras InsyaAllah akan membuahkan kesuksesan. Hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Jadi lebih bijak lah dalam memaknai takdir. Karena manusia selalu ditemani rasa sedih dan ketakutan. Sedih akan kegagalan yang lampau dan takut jika mengalami kegagalan dimasa depan.Namun hendaklah selalu berpikiran positif. Karena hidup sesungguhnya adalah pilihan kita dan takdir adalah ketetapan yang mengikuti pilihan kita. Bijaklah dalam menentukan pilihan hidup.Hidup manusia itu unik bukan..!!!???

Artikel ini saya tulis untuk pakpandir.com dari saya admin ceramah-ustadz.my.id. Kunjungi juga situs portal islami saya yang beralamat di ceramah-ustadz.my.id.

Pos terkait