Ribuan Warga Pasucen Trangkil Pati Meriahkan Haul Syekh Wiro Padi

Ribuan Warga Pasucen Trangkil Pati Meriahkan Haul Syekh Wiro Padi – Warga Kecamatan Trangkil kab Pati, di Desa Pasucen kembali menyelenggarakan acara Haul akbar Syekh Wiro Padi. Syekh Wiro Padi adalah tokok ulama yang dikenal warga setempat sebagai pembabat atau pendiri Desa Pasucen sekaligus tokoh penyebar agama Islam dan juga pahlawan kemerdekaan.

Tonton Video Disini

Syekh Wiro Padi awalnya merupakan pengembara asal Kota Tuban, Jawa Timur. Beliau Hijrah ke Kabupaten Pati lantaran dikejar penjajah pada saat melakukan perlawanan di daerah timur jawa. Perayaan haulnya Syekh Wiro Padi ini sudah dimulai sejak tahun 1965-an.

Bacaan Lainnya

Perayaan haul berlangsung meriah, dengan diterjunkan berbagai elemen masyarakat sekitar mulai dari pemerintah desa, takmir masjid, hingga lembaga yayasan pendidikan madrasah Mathaliul Huda yang berada di Desa setempat.

Rangkain acara dimulai sejak Rabu 27 kemarin, sementara acara puncak diselenggarakan pada hari Minggu bertepatan tagal 31 juli 2022 atau dengan tanggal 1 Suro 1 Muharram.

Berbagai kegiatan diadakan yang dimeriahkan oleh ribuan warga dari dua dukuh yakni Dukuh Pasucen dan Wonokerto Gandong. Rangkaian cara utama haul meliputi kenduri, khitanan massal, bakti sosial, sepeda santai, karnaval, dan di puncak acara ada doa bersama dan ganti kelambu makam Syekh Wiro Padi.

Sementara peringatan haul di yayasan pendidikan Mathaliul Huda digelar dengan acara khotmil qur’an bil ghoib, pembacaan ayat suci alkuran, dan jalan santai.

Haul Syekh Wiro Padi di Pasucen sebelumnya rutin digelar setiap tahun namun sempat absen 2tahun lantaran pandemi. Tahun ini Haul Syekh Wiro Padi di Pasucen lebih meriah lantaran pemerintah sudah melonggarkan protokol kesehatan.


source : pakpandir.com | sipjos.com | CutMedia

Pos terkait